Timmy of the Month: Jangan Biarkan Rutinitas Menghambat Kreativitas

Amelia Rosary Dewi | 31 August 2021

Pada bulan ini, Fakhrur Razy, salah seorang Timmy dari tim Audience Development, terpilih menjadi Timmy of the Month. Razy, begitu ia biasa disapa, dinilai mampu menerapkan Timmyness No. 1: "Bringing creativity, sincerity, and passion to the work" dan Timmyness No. 7: "Assisting others in the group with their work for the benefit of the group". Ia suka berbagi ilmu dengan teman-teman yang memang sedang membutuhkan bantuannya. Wah, penuh empati, ya?

1. Menekuni dunia digital marketing
Sebagai Digital Ads Associate, Razy bertugas meningkatkan jumlah pembaca publisher IDN Media melalui berbagai channel digital. Karena itu, pemahaman mengenai digital marketing menjadi salah satu hal krusial. "Seperti dari Facebook, Instagram Ads, dan/atau Google Ads. Bicara tentang ads ini, 'kan, artinya juga bicara tentang digital marketing, ya. Kalau kita lihat, semakin ke sini, kesempatan berkarier di bidang digital memang semakin banyak. Oleh karenanya, saya juga semangat melakukan apa yang saya kerjakan saat ini. Ya, harus sabar menganalisa, tapi mampu bergerak cepat," ujar Razy menceritakan ketertarikannya pada dunia digital marketing.

2. Makna dari kreativitas
Seperti yang digambarkan Timmyness No. 1, kreativitas merupakan hal yang penting dimiliki setiap Timmy dalam menjalankan pekerjaannya. Kreativitas, bagi Razy, adalah gabungan dari ide yang kritikal dalam pengambilan keputusan. Tidak bisa terbentuk begitu saja, Razy sendiri selalu berupaya untuk membangun kreativitas. "Kreativitas pun diperlukan di dunia digital marketing. Untuk memperoleh kreativitas, menurut saya, seseorang harus berada pada titik fokus yang baik. Perlu diketahui juga bahwa salah satu hal yang berpotensi menghambat kreativitas adalah rutinitas, zona nyaman. Mengapa? Karena rutinitas atau zona nyaman bisa membatasi kemampuan berpikir kreatif kita, lho. Oleh karenanya, harus ada keinginan untuk menambah keterampilan baru, belajar, dari manapun sumbernya," jelas Razy. 

3. Saling mengerti demi capai tujuan bersama 
Digital Ads Associate IDN Media ini mengaku bahwa pekerjaannya banyak berkaitan dengan lintas divisi. Bekerja dengan Timmy dari latar belakang tim yang beragam mendorong Razy untuk selalu memberi pemahaman pada Timmy lain tentang apa yang menjadi tugas utamanya sebagai ujung tombak dari digital marketing IDN Media. "Objektif kita pada dasarnya sama, tapi untuk bisa saling menyesuaikan, sharing tentang apa yang kita masing-masing kerjakan itu juga perlu. Dengan demikian, kita bisa saling mengerti, sehingga tujuan bersama bisa tercapai," Razy mengungkapkan. 

Ia menambahkan, "Kuncinya, kita harus suka dulu dengan apa yang kita lakukan. Nanti, dengan sendirinya, kita pun akan merasa senang ketika membagikan cerita mengenai apa, sih, yang seorang Digital Ads itu lakukan on a daily basis?" Sharing, menurut Razy, adalah salah satu inti penting dari sebuah organisasi. Tak hanya untuk menjaga komunikasi antar rekan kerja, kebaikan-kebaikan kecil seperti itu tentu dapat membangun lingkungan kerja yang lebih ramah dan inklusif. 

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.