Timmy of the Month: Jangan Pernah Puas dengan Pencapaian

Amelia Rosary Dewi | 20 November 2020

Pada bulan ini, salah satu dari dua Timmy yang terpilih menjadi Timmy of the Month adalah Amerenzia Hastoto (Enzi), dari Tim Business Development. Sebagai Business Development Manager, Enzi hampir selalu berkontribusi secara konsisten di setiap kesempatan yang ada karena passion yang dimilikinya di bidang ini. 

Untuk itu, Enzi dinilai telah mengaplikasikan Timmyness nomor 1: "Bringing creativity, sincerity, and passion to the work" dan Timmyness nomor 7 "Assisting others in the group with their work for the benefit of the group" secara konsisten. Yuk, berbincang-bincang dengan Enzi!

1. Apa role Enzi di IDN Media?

Saya adalah seorang Business Development (BD) Manager di IDN Media. Utamanya, tugas BD lebih banyak mengurus klien, tetapi juga bertanggung jawab dengan tim internal. Jadi, ketika saya mendapatkan briefing dari brand/klien, maka saya akan menjelaskan ke tim untuk pembentukan proposalnya. Ketika sudah oke, campaign dapat berjalan dan saya akan bertugas sebagai supervisor untuk memastikan campaign dapat berjalan baik dan lancar.

2. Apa atar belakang pendidikan dan minat Enzi sebelumnya sehingga dapat bekerja di bagian BD?

Major saya tidak ada kaitannya dengan BD yang sebenarnya lebih ke sales. Dulu, saya mengambil komunikasi periklanan, sehingga harusnya lebih condong ke art director atau copywriter. Saya pertama kali bekerja di perusahaan digital yang baru berdiri. Setelah interview, saya masuk ke tim kreatif, tapi berfokus pada bagian Account Executive. Ya sudah, saya pikir, saya coba saja. Tidak menyangka keterusan hingga sekarang.

Menurut saya, sih, karier yang kita pilih tidak perlu relate dengan major kita saat dulu saat kuliah. Itu semua tergantung ke kita: maukah kita belajar ilmu baru atau tidak? Nanti, ilmu-ilmu yang pernah kita peroleh, pasti akan terpakai walau tidak secara langsung. Contohnya, di komunikasi dulu belajar tentang negosiasi dan komunikasi dua arah, keduanya bisa dikaitkan dengan sales.

3. Hal positif yang Enzi dapatkan dari role tersebut?

Saya sangat bersyukur karena memiliki tim yang solid. Sebuah hal sederhana yang terkadang sulit untuk ditemui. Bekerja pun jadi enjoy karena terasa seperti bekerja dengan teman-teman, bukan dengan atasan dan bawahan. Kecocokan dengan rekan kerja juga jadi salah satu faktor yang sebenarnya dapat memengaruhi stres juga, lho. Ketika tidak cocok dengan tim, hal tersebut bisa jadi jadi tekanan di pekerjaan.

4. Adakah dampak dari pandemik ke pekerjaan Enzi? Bagaimana cara menghadapinya?

Hal yang paling terasa adalah komunikasi dengan para klien. Sebelum pandemik, saya bisa menjelaskan lebih lanjut ke klien dengan cara makan siang atau ke kantornya supaya bisa ngobrol face to face. Karena pandemik ini, ‘kan, semuanya harus serba virtual, sedangkan ada klien yang masih konvensional. Akhirnya, ada effort ekstra yang perlu dikeluarkan.

Untuk menanggulanginya, saya akan mengadakan weekly meeting dan memberikan penjelasan melalui Whatsapp Group ke para klien saya. Terkadang, saya harus menjelaskan berulang kali. Wah, itu takes time, tapi mau tidak mau harus kita jalani agar target tercapai di tengah kondisi yang sulit ini.

5. Seorang BD Manager yang ideal menurut Enzi

Bekerja sebagai BD Manager maupun BD, konsistensi adalah hal utama yang harus dipertahankan. Goals yang jelas memang penting, tapi konsistensi untuk terus mencapai goals tersebut setiap bulannya merupakan hal yang sulit dipertahankan. Jangan cepat puas dengan pencapaian saat ini, setiap bulan harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Saya secara pribadi respect dengan sales yang dapat terus mempertahankan performanya setiap bulan. Tidak harus dilihat dari revenue, namun juga usaha untuk approach klien.

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.