Timmy of the Month: Kalau Gagal, Coba Lagi!

Amelia Rosary Dewi | 13 May 2020

Timmy of the Month pertama yang terpilih pada bulan ini adalah Nabila Putri Andika, sebagai Senior Creator Development Associate IDN Creator Network (ICN). Di balik karakternya yang ekspresif dan ceria, Nabila adalah pekerja keras yang selalu melakukan pekerjaannya dengan passion. Itulah mengapa Timmyness nomor 1 sangat menggambarkan diri Nabila: "Bringing creativity, sincerity, and passion to work."

1. Share tentang role Nabila di IDN Media, dong?

Aku adalah Senior Creator Development Associate ICN. Ada 2 tim yang membentuk IDN Creator Network. Pertama, Digital Strategist―berurusan dengan proposal dan budgeting. Kedua, Creator Development Associate―berperan sebagai eksekutor dan medium antara KOL (Key Opinion Leader) dan brand. Lebih detail lagi, Creator Development Associate itu akan propose nama seorang KOL ke brand, menentukan konten apa yang sesuai dengan campaign yang diminta oleh brand, lalu menjalankan campaign.

2. Mengapa Nabila happy jadi Senior Creator Development Associate ICN?

Aku belum pernah kerja sebelumnya, jadi ini bisa dibilang benchmark tersendiri buat aku. Setelah beberapa waktu kerja di ICN, aku diberi kesempatan untuk jadi senior. Aku gunakan role itu sebijak mungkin, seperti dengan membantu teman-teman Creator Development Associate yang lain agar bisa menjadi individu yang responsif, bertanggung jawab, dan mandiri. Kesempatan-kesempatan seperti inilah yang membuat aku happy.

3. Guideline yang selalu Nabila pegang sehari-hari? 

Jangan terburu-buru mengeluh, miliki kemauan untuk melakukan apa yang menjadi tanggung jawab kita. Ingat, happy go lucky: jangan terlalu khawatir dengan apa yang terjadi, semua akan terlewati, apapun rintangannya.

4. Bagaimana biasanya saat mengkomunikasikan suatu masalah dengan Timmy lain (baik dari satu departemen atau lain departemen)? 

Kesalahpahaman biasanya diakibatkan oleh kecerobohan dan ketidaktelitian. Tim aku lupa kasih informasi ke KOL bahwa hari ini harus post, misalnya. Wah, itu efeknya besar karena brand pasti akan kecewa, bahkan marah, ya. Account Manager kita yang bawa brand itu pun juga pasti ikut kena omel. 

Meski demikian, jangan pointing kesalahan orang. Kalau dari awal sudah terbangun suasana kekeluargaan, dalam memecahkan masalah pun kita akan pikirkan bersama-sama, kok, termasuk bagaimana kita kompromi dengan brand dan KOL-nya. 

5. Mengapa kamu bersyukur bisa jadi bagian dari IDN Media? 

Lingkungan kerja IDN Media ini tidak diragukan lagi kenyamanannya. Selain apresiatif dan proaktif, umur Timmy yang tak jauh berbeda juga membuat segala sesuatunya lebih fleksibel. 

6. Agar jadi berguna buat Timmy lain di kantor, apa yang biasanya Nabila lakukan buat bantu mereka ketika mereka ada masalah atau perlu bantuan? 

Aku nggak pernah tanya ke mereka tentang kesulitan mereka, sih. Soalnya, kalau aku memposisikan diri aku sebagai mereka, tentu aku akan enggan ketika ditanya mengenai hal seperti itu. Aku cukup mengamati saja di bagian mana dia keteteran, kemudian backup apa yang bisa aku bantu. Jangan mudah terprovokasi, jadilah ramah ke semua orang, jelaskan segala sesuatu dengan jelas agar orang bisa benar-benar paham. Ini, ‘kan, mengurangi kemungkinan adanya salah paham. 

7. Apa mimpi Nabila ke depannya?

Aku ingin jalani setiap proses di hidupku dengan baik agar peluang buat melakukan hal-hal lain pun terbuka.

 

8. Secara teknis, mungkin bisa di-share tips supaya bisa jadi seorang Senior Creator Development Associate ICN ala Nabila?

Aku adalah tipe orang yang mudah panik, ceroboh. Pernah sekali waktu, aku salah input pembayaran. Namun, justru dari kesalahan tersebut, aku sadar bahwa aku nggak bisa terus-terusan menjadi pribadi yang seperti itu. Be clear about what we tell people, but also be clear about what we do.

Selain itu, jangan latih otak kita untuk menjadi seorang pekerja. Latihlah otak kita untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat melaksanakan negosiasi, membagi tugas, menciptakan ide dengan baik. Buat perubahan sederhana, seperti menginisiasikan workload sheet agar monitoring pekerjaan bisa lebih mudah dilakukan. 

9. Tips WFH di tengah COVID-19 agar profesionalitas tetap terjaga? 

Mulai semuanya lebih pagi agar kewajiban kita juga dapat terselesaikan lebih awal. Untuk itu, disiplin waktu tidur juga sangat diperlukan selama WFH berlangsung. Namun, jangan lupa untuk tetap meluangkan waktu buat ngobrol ringan dengan keluarga atau teman-teman melalui concall.

10. Gimana caranya supaya tetap happy di tengah kesibukan di kantor versi Nabila?

Mensyukuri hal-hal kecil, seperti kesehatan, teman-teman yang masih bisa diajak berbincang melalui concall untuk saling bertukar pikiran.

Setiap pencapaian selalu dimulai dengan keputusan untuk berani mencoba. Itulah mengapa Nabila, sebagai Timmy of the Month bulan ini, tak pernah takut mencoba dan gagal. Kudos, Nabila!

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.