Timmy of the Month: Kerja di Industri Kreatif Berarti Having Fun

Amelia Rosary Dewi | 30 August 2021

Zanila Aqsa, seorang Timmy dari IDN Creative, berhasil memperoleh token penghargaan Timmy of the Month dari IDN Media. Ia dinilai dapat menerapkan Timmyness No. 1: "Bringing creativity, sincerity, and passion to the work" dan Timmyness No. 8: "Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way". Tak hanya memberikan 101% upayanya terhadap setiap hal yang ia lakukan, Zanila juga selalu berusaha untuk menyebarkan hal yang positif demi lingkungan kerja yang ramah dan menyenangkan! 
 
1. Menjadi solusi bagi kebutuhan klien
Sebagai Digital Strategy Manager, Zanila bertugas menerima brief dari client yang bekerja sama dengan IDN Media dan kemudian mengolahnya bersama tim internal. Tak sekadar beriklan, Zanila dan tim IDN Creative yang lain berupaya agar mereka bisa benar-benar menjawab kebutuhan client.
 
"Kita coba lihat apa yang mereka butuhkan, lalu kita lihat bagaimana IDN Media bisa menjadi solusi bagi kebutuhan mereka. Tantangannya, dari semua lini bisnis yang ada di bawah naungan IDN Media, IDN Creative dituntut untuk memahami setiap lini bisnis tersebut—apa fokusnya, objektifnya. Harapannya, dengan apa yang dimiliki IDN Media, kita bisa bantu menjawab kebutuhan klien dan menawarkan solusi terbaik, mengingat apa yang ditawarkan IDN Media juga sangat bervariasi," Zanila menceritakan. 
 
2. Luangkan waktu untuk istirahat
Adalah sesuatu yang menyenangkan apabila hal yang kita rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Namun, bagaimana bila rencana kita tak berjalan sesuai dengan harapan? Apakah kita dapat tetap semangat dan bergegas untuk mengubah haluan? Bagi Zanila, hal ini tentu sangat penting. "Lebih ke being honest pada proses dan teman-teman, ya. Artinya, ketika apa yang kita rencanakan tidak berjalan sesuai rencana, ya, koordinasikan dengan teman-teman. Satukan pikiran, fokus pada langkah selanjutnya yang harus segera kita ambil. Jangan hanya menyesali yang telah ada tanpa melakukan sesuatu,” ujarnya.
 
Di sisi lain, Zanila menyebutkan, “Namun, perlu diingat bahwa setiap upaya harus diimbangi dengan apresiasi diri yang sepadan. Akan ada saatnya di mana kita merasa lelah karena load pekerjaan yang sangat full. Nah, di saat itulah, coba take a break. Somehow, guilty feeling itu akan muncul, memang, tapi kalau dipaksakan pun, produktivitas kita tetap tidak akan optimal, kok. Kreativitas tak akan datang ketika kita capek, suntuk,” Zanila menegaskan.
 
3. Working in a creative industry means having fun
Menurut Zanila, mengoptimalkan kinerja dengan mengatur waktu secara disiplin adalah hal lain yang dapat membantu kita untuk memiliki work-life balance. “Aku bukan orang yang paling mengerti tentang manajemen waktu atau apapun itu. Namun, aku bisa bilang kalau keberhasilan manajemen waktu hanya bergantung pada diri kita sendiri. Boundaries-nya harus kuat, fokus, atur skala prioritas. Untuk mengimbangi hal ini, you do you. Hanya kita yang tahu kapan kita mulai penat dan apa yang perlu kita lakukan untuk refresh. Kalau butuh napping, misalnya, ya, take a nap. Asal, kerja tidak keteteran. Apalagi, sebagai Digital Strategy Manager, aku selalu percaya bahwa working in a creative industry means having fun,” pungkasnya.
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi