Timmy of the Month: Kreativitas dan Kolaborasi, Hasilkan Outcome Kerja yang Epik

Amelia Rosary Dewi | 21 July 2021

Pada bulan ini, IDN Media kembali memberikan penghargaan Timmy of the Month pada dua Timmy yang dinilai mampu menerapkan nilai-nilai utama yang dijunjung oleh IDN Media, yakni Timmyness. Salah satu dari kedua Timmy tersebut ialah Veni Sylviani, Line Producer IDN Pictures. Dalam kesehariannya, Veni selalu menunjukkan usaha terbaiknya di kondisi apapun dan memberikan dukungannya terhadap Timmy lain. 
 
Melihat hal tersebut, IDN Media menilai bahwa Veni mampu secara konsisten mengaplikasikan Timmyness nomor 1: "Bringing creativity, sincerity, and passion to the work", sekaligus Timmyness nomor 7: "Assisting others in the group with their work for the benefit of the group". Wah, keep up the good work, Veni! 
 
1. Urus commercial project IDN Pictures
Sebagai seorang Line Producer, dalam kesehariannya Veni erat berkoordinasi dengan produser dari proyek yang dirinya kerjakan.  “Nah, secara lebih spesifik, aku pegang pekerjaan di commercial video production, bukan film. Aku urus mulai dari terima brief, mempersiapkan materi pitching, pra produksi, produksi, pasca produksi, hingga akhirnya menyampaikan outcome proyek ke klien,” terang Veni.
 
Pekerjaan yang ia lakukan bisa dibilang cukup banyak, mengingat cara menyelesaikan tiap proyek tentu unik dan tak bisa disamaratakan. Veni melanjutkan, “Nah, di sinilah letak keseruannya. Karena tiap proyek berbeda, momen ketika aku mengatur workflow kru, timeline, dan persiapan syuting itu tentu challenging, menuntut adanya kreativitas baru yang fresh. Untuk menghasilkan kreativitas itu, aku selalu melihat limitasi yang mungkin akan ditemukan di pengerjaan suatu proyek tertentu. Secara budget, bagaimana, nih? Kalau timeline?”
 
2. Imbangi kreativitas dengan hal lain 
Mengaku mendapat banyak inspirasi dari video-video yang ia tonton di berbagai platform, Veni menganggap bahwa kreativitas hanyalah sebagian dari keseluruhan proses. “Masih ada kerja tim. Hal inilah yang membuat ide kreatif menjadi sesuatu yang tidak lagi abstrak. Dengan pengeksekusian yang apik, kolaborasi yang baik antar tim, tentu hasil nyata yang memuaskan juga akan kita peroleh, sih. Untuk membentuk kerja tim yang oke, mulailah dari diri sendiri. Jadilah pribadi yang fokus dan produktif, yang pintar membagi waktu untuk mendahulukan prioritas. Dengan demikian, kita bisa menyisipkan waktu untuk membantu Timmy lain, terutama mereka yang sedang terlibat pekerjaan dengan kita,” ungkap Veni.
 
3. Merasa dihargai dan diakui
Bagi Veni, seluruh poin di Timmyness memang penting untuk menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang ramah dan inklusif. Kendati demikian, ia menyebutkan, “Tentu saja, saat melakukan pekerjaan, aku pun sejujurnya tidak hanya terpaku pada kesepuluh hal positif itu saja. Masih banyak nilai baik di luar sana yang harus kita eksplorasi sendiri. Namun, apa yang IDN Media lakukan dengan Timmyness dan penghargaan Timmy of the Month ini sudah sangat baik. Aku sendiri merasa dihargai dan diakui kinerjanya.”
 
Rekognisi seperti ini memang harus diperhatikan untuk mendukung produktivitas karyawan secara umum, lho. Apalagi di tengah pandemik seperti ini, di mana setiap orang pasti merasa jenuh dan lelah dengan rutinitas yang ada, namun tak bisa lagi dengan bebas pergi ke mana pun yang kita mau. Menutup wawancara itu, Veni berharap, “Semoga, kita bisa tetap produktif dan kreatif di tengah pandemik ini, ya. Tetap bekerja dengan terstruktur, tahu prioritas, lakukan pula kegiatan lain di luar pekerjaan supaya fisik dan mental sehat seimbang.”
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.