Timmy of the Month: Masih di Tengah Ketidakpastian, Belajar Memanusiakan Manusia Lain

Amelia Rosary Dewi | 24 June 2021

Bulan ini, IDN Media kembali memilih dua Timmy of the Month. Pinka Tsarina Wima, Editor IDN Times Yogyakarta, merupakan salah satu dari dua Timmy yang terpilih. Ia dinilai konsisten dalam menerapkan nilai-nilai Timmyness, terutama Timmyness nomor 1: “Bringing creativity, sincerity, and passion to the work dan Timmyness nomor 2: “Communicating properly and acting ethically. Pinka hampir selalu bisa memberikan ide kreatifnya, kemudian mengkomunikasikannya dengan baik kepada Timmy lain. Selamat, ya, Pinka!
 
1. Editor kanal Lifestyle
Pinka merupakan seorang adalah Editor kanal Life di IDN Times. Tugasnya tentu saja mengawasi penerbitan artikel dan membantu para penulis di kanal Life untuk brainstorm topik tulisan. “Kalau dipikir, aku passionate juga dengan apa yang aku lakukan karena pada dasarnya, aku memang menyukai tantangan. Aku juga berprinsip untuk selalu memberikan 101% upayaku di setiap hal yang aku kerjakan. Rasanya ada kepuasan pribadi kalau bisa memberikan yang terbaik dengan tepat waktu,” terang Pinka.
 
2. Komunikasi harus jelas, tindakan harus etis
Timmyness, menurut Pinka, bukanlah seperangkat nilai yang hanya menyoroti kinerja Timmy saja, tapi juga attitude Timmy ketika bekerja dengan Timmy lain. “Bekerja di industri kreatif secara tak langsung juga menuntutku untuk terus mengasah pikiran agar tak tumpul dan bisa semakin melahirkan ide-ide baru. Ini semua perlu dilakukan secara tulus dan mengalir begitu saja. Buatku, kedua hal ini bisa bikin kita tak gampang sakit hati dan tetap hidup bahagia,” tambahnya. 
 
Kunci utama bekerja di IDN, dan mungkin di tempat kerja yang lainnya, adalah komunikasi yang jelas dan tindakan yang etis. “Bahkan, sebelum pandemik pun, aku dan timku sudah bekerja dari jarak jauh, jadi sebisa mungkin komunikasinya aku jaga banget agar tak ada salah paham. Tak heran komunikasi dengan tim dari divisi lain yang bahkan belum pernah kita temui secara langsung dan acting ethically dengan mengedepankan kesopanan itu menjadi hal utama yang harus kita utamakan untuk membangun hubungan baik dengan orang lain,” kata Pinka. Toh, semua yang kita lakukan itu juga dapat mencerminkan kualitas diri, lho.
 
3. Memanusiakan manusia
“Aku bersyukur banget bisa mendapat kesempatan untuk bekerja di IDN Media. Tak melulu fokus pada kepentingan profesional, tapi juga ada nilai-nilai personal yang ditanamkan dan harus dipegang kuat oleh para Timmy. Nah, nilai-nilai inilah yang membentuk kita menjadi manusia yang memanusiakan. Tak hanya fokus pada pencapaian, tapi kita juga selalu diingatkan untuk berempati pada orang lain. Makanya, personal values itu jadi penting banget buat ‘kesehatan’ di dunia kerja,” tandas Pinka.
 
Untuk mempertahankan kesehatan mental di dunia kerja, apalagi di tengah situasi tak menentu yang diakibatkan oleh pandemik ini, Pinka menambahkan, “Kuncinya itu bersyukur dan berikan yang terbaik yang kita bisa. Tak usah mendongak dan sibuk ngiri dengan pencapaian orang lain yang mungkin kelihatannya lebih oke. Belajar untuk mengapresiasi dan mensyukuri apa pun yang kamu terima hari ini. Daripada mendongak, lebih baik lihat orang-orang di bawah kita yang nasibnya tak seberuntung kita. Masih punya pekerjaan, diberi kesehatan, dan bisa berkumpul bareng keluarga itu anugerah paling berharga di saat pandemik seperti ini.”
 
Di tengah kondisi tak menentu karena COVID-19 ini, memang sudah saatnya kita bisa saling mendukung satu sama lain. Memberi empati dan apresiasi sederhana rasanya sudah cukup menjadi aksi nyata kita untuk memanusiakan manusia lain. Untuk itu, dengan tetap memilih Timmy of the Month tiap bulannya, IDN Media mendorong Timmy untuk tetap menjadi berkat bagi orang lain yang ada di sekitar kita. Semangat, ya, Timmy!
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.