Timmy of the Month: Penghargaan Spesial untuk Garda Terdepan Pemberitaan COVID-19

Amelia Rosary Dewi | 17 April 2020

Hari ini memasuki minggu ke-3 diterapkannya kebijakan Work From Home (WFH) bagi karyawan IDN Media. Di tengah situasi yang tak menentu akibat COVID-19, IDN Times tetap memberikan upaya terbaik untuk menyajikan informasi terbaru bagi pembacanya, khususnya informasi situasi terkini terkait COVID-19. Hal ini selaras dengan visi IDN Media, yaitu mendemokratisasi akses informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Melihat semangat yang dibawa tim IDN Times, bulan ini penghargaan Timmy of the Month secara spesial diberikan kepada semua Timmy di IDN Times.

Mengawali pembicaraan kami, Uni Lubis selaku Pemimpin Redaksi IDN Times membagikan mekanisme kerja IDN Times saat #DiRumahAja. “Rapat mingguan virtual bukanlah hal baru lagi bagi kami karena tiap minggunya, rapat koordinasi dengan hyperlocal yang ada di 11 kota pun sudah dilakukan secara virtual. Kami juga punya ‘newsroom’ virtual di WA Group Hot Issues yang sejak dulu sudah sangat aktif dari pagi sampai larut malam,” ungkapnya. Turut menerapkan kebijakan physical distancing, para reporter IDN Times pun mengikuti wawancara/konferensi pers virtual yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga. Liputan langsung sangat dibatasi oleh Uni Lubis guna melindungi para frontliners IDN Times ini dari bahaya tertular  COVID-19.

Bekerja #DiRumahAja tak membuat mereka lupa akan pentingnya Kode Etik Jurnalistik, guys. Etika peliputan COVID-19 yang diinisiasi oleh Ethical Journalism Network, misalnya, mengharuskan mereka untuk memberikan empati yang tinggi buat pasien yang telah terinfeksi COVID-19. Merahasiakan identitas mereka merupakan kewajiban, kecuali jika yang bersangkutan bersedia membagikan ceritanya ke publik untuk pembelajaran atau edukasi. “Buat informasi yang benar, terverifikasi dari berbagai sumber yang kompeten, dan khusus untuk artikel kesehatan, harus ada referensi berupa jurnal internasional yang kredibel,” pungkas Pemimpin Redaksi IDN Times yang lebih sering disapa Bunda Uni ini.

Untuk merealisasikan komitmennya pada kredibilitas berita, IDN Times juga aktif membuat artikel dan livestream IG bertajuk ‘Cek Fakta Hoaks Virus Corona’ setiap hari Senin-Jumat pukul 16.00 WIB. Bunda menegaskan, “Hmm, dalam situasi pandemik seperti ini, tugas media adalah untuk memastikan bahwa masyarakat mendapat informasi yang benar, terverifikasi, serta bermanfaat karena kami ingin memberi #PositiveImpact pada masyarakat Indonesia.”

Menyajikan berita yang akurat dan berimbang memang tugas utama para reporter/jurnalis, namun Bunda Uni berpesan, “ Bagaimana pun, tak ada berita yang lebih penting dari nyawa, jadi physical distance harus dijalankan secara disiplin―hindari kerumunan. Tim IDN Times yang harus ke lapangan saya minta tidak naik kendaraan umum karena biasanya ada potensi berdesak-desakan. Jaga kondisi kesehatan fisik dan mental, sempatkan olahraga ringan dan relaksasi, minum vitamin serta konsumsi makanan sehat. Oh, ya, setiap hari, kami juga ada virtual lunch via Google Hangouts tiap pukul 12.30-13.00 WIB. Ini dilakukan agar Timmy yang tersebar di 12 kota masih bisa saling bertukar sapa.” Bertegur sapa, kangen-kangenan, dan bercanda, bagi Bunda Uni, adalah hal yang krusial untuk melepas kecemasan.

Rasa takut dan khawatir bisa saja menghampiri, namun tetap fokus pada apa yang biasa kita kerjakan tiap hari  bisa membantu mengalihkan perhatian kita, loh, guys. Jangan lupa bersihkan diri dan lingkungan, lakukan physical distancing, tapi juga harus tetap menjaga komunikasi dan produktivitas seperti Timmy IDN Times, ya!

Sekali lagi, selamat karena telah terpilih menjadi Timmy of the Month, frontliners IDN Times!

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.