Timmy of the Month: Produktivitas Hasil Berproses secara Optimal

Amelia Rosary Dewi | 18 May 2020

Ronald Dimas Yuwandika adalah seorang Infrastructure Engineer di IDN Media Surabaya Creative Lab. Sikapnya yang andal, selalu responsif terhadap kebutuhan tim, dan komitmennya untuk memberikan hasil terbaik dalam pekerjaannya membuatnya sukses melaksanakan Timmyness IDN Media nomor 7: "Membantu tim dengan pekerjaan mereka demi kepentingan kelompok."
 
1. Bagaimana, sih, role Ronald di IDN Media?
Role saya di IDN Media adalah sebagai Infrastructure Engineer. Infrastructure Engineer sendiri memiliki tanggung jawab untuk melakukan deployment, monitoring, dan maintenance komponen infrastruktur IT di IDN Media yang berbasis web applications (IDN Times, Popbela, Popmama, dan Duniaku) dan mobile applications (IDN App & Yummy App).
 
2. Mengapa Ronald senang jadi Infrastructure Engineer?
Pada dasarnya, saya sangat menyukai dunia IT, terutama pada bidang Cloud Computing (metode pengelolaan sekumpulan server), Networking (macam-macam perangkat jaringan yang dipasang untuk memberikan akses dari klien ke server kita), dan System Engineering (metode pengaplikasian softwares pendukung yang kita gunakan di dalam server), sebagai beberapa komponen utama dari infrastruktur IT.
 
3. Guideline yang Ronald pegang sehari-hari? 
Ada beberapa guidelines yang saya miliki. Mencatat jadwal di Google Calendar untuk setiap tugas yang perlu diselesaikan itu harus, ya, soalnya kadang saya pun pelupa. Kedua, belajar minimal 1 hal baru setiap harinya―kalau saya pribadi lebih banyak belajar tentang teknologi komputer, product design, dan UI/UX. Selain itu, karena saya adalah seorang Infrastructure Engineer yang wajib siap siaga, saya harus selalu fast response.
 
4. Mengapa Ronald bersyukur bisa jadi bagian dari IDN Media? 
Karena saya dan Timmy lainnya mempunyai visi yang sama di IDN Media, yaitu memberikan dampak positif bagi lingkungan di sekitar kita. Bekerja di IDN Media juga sangat menyenangkan karena IDN Media memiliki kultur kerja yang baik.
 
5. Agar menjadi berguna buat Timmy lain di kantor, apa yang biasanya Ronald lakukan buat bantu mereka ketika mereka ada masalah atau perlu bantuan? 
Saya berusaha untuk memberikan dampak positif kepada Timmy yang lainnya, sekecil apapun itu. Misalnya, membantu melakukan pengecekan internet kantor saat terjadi masalah, membantu mengecek atau memperbaiki laptop/PC Timmy lainnya yang sedang bermasalah. Bagi saya, hal yang paling penting untuk diingat adalah rasa tanggap dan ketulusan kita, sih, tidak peduli dalam bentuk apa kita memberi bantuan.
 
6. Apa mimpi Ronald ke depannya?
Kedepannya, saya ingin menjadi guru atau trainer profesional agar saya dapat menyampaikan ilmu yang saya dapatkan dari pengalaman bekerja di industri kepada generasi penerus.
 
7. Secara teknis, mungkin bisa share beberapa tips agar dapat menjadi seorang Infrastructure Engineer yang baik ala Ronald?
Ada beberapa hal yang bisa dilaksanakan. Contohnya adalah:
a. Lakukan monitoring rutin melalui dashboard seperti Google Analytics maupun monitoring tools yang lain agar kita dapat dengan cepat memperbaiki sistem pada saat terjadi trouble.
b. Buatlah sistem alert untuk membantu mengirimkan notifikasi saat terjadi trouble waktu kita sedang tak standby.
c. Lakukan daily infrastructure health check agar kita dapat mempersiapkan perbaikan atau penambahan resource kedepannya.
d. Sisihkan sedikit waktu untuk belajar hal baru, mengingat perkembangan teknologi terus berkembang pesat.
e. Jalin komunikasi yang baik dengan anggota tim.
 
8. Tips WFH di tengah COVID-19 agar profesionalitas tetap terjaga? 
Hal paling penting adalah tetap menjaga pola hidup seimbang, sih. Jaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi cukup, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup meskipun batas antara off dan on hours nyaris hilang, ya, selama WFH ini. Oh, satu lagi, yaitu menjaga kenyamanan ruang kerja juga tak boleh dilupakan, soalnya ini bisa membantu fokus kita. 
 
9. Gimana caranya supaya tetap happy di tengah kesibukan di kantor versi Ronald?
Mendengarkan musik saat bekerja agar mood tidak mudah terpengaruh oleh beban pekerjaan yang kadang menumpuk. Hahaha! Selain itu, saya juga ambil waktu selama paling tidak 5 menit setiap jamnya untuk beristirahat agar tidak mudah jenuh dengan apa yang sedang saya kerjakan.
 
Produktivitas adalah hasil dari komitmen untuk memberikan proses kerja yang optimal. Namun, hal ini akan lebih berarti bila kita juga meluangkan waktu untuk membantu tim melakukan sesuatu yang sesuai dengan kapasitas kita. Terima kasih, Ronald, karena telah mengupayakan yang terbaik buat tim IDN Media!
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.