Timmy of the Month: Tak Hanya Unjuk Kreativitas, Timmy juga Harus Beri Respek

Amelia Rosary Dewi | 28 May 2021

Pada bulan ini, Dhany Damara, seorang Timmy dari tim Product IDN Media, telah resmi terpilih menjadi Timmy of the Month. Mampu secara konsisten mengaplikasikan Timmyness, terutama Timmyness nomor 1: “Bringing creativity, sincerity, and passion to the work dan Timmyness nomor 2: “Communicating properly and acting ethically, Dhany selalu memperlihatkan semangat dan antusiasnya saat bekerja. Dengan pembawaannya yang positif dan hangat, ia dinilai mampu memunculkan ide-ide terbaiknya, serta mengomunikasikan ide-ide tersebut ke berbagai pihak dengan baik. Keep up the good work, Dhany!
 
1. Kaitan passion dengan kreativitas dan ketulusan saat bekerja
Bekerja sebagai Product Marketing Associate di IDN Media, sebut Dhany, merupakan kombinasi yang tepat antara teknologi dan pemasaran, kedua hal yang sangat ia gemari. Dhany menyebutkan, “Di dunia yang sudah serba digital ini, kita dituntut untuk memiliki kreativitas yang lebih tinggi lagi. Mampu mencetuskan alternatif kedua ketika alternatif pertama sudah stuck, misalnya. Nah, saya percaya bahwa kreativitas tak akan sulit didapatkan apabila kita memiliki passion akan apa yang kita lakukan.”
 
Terlalu teoritis, mungkin, tetapi pada kenyataannya, passion memang dapat mengundang kreativitas dan, tentu saja, rasa tulus dalam mengerjakan apa yang kita kerjakan. “Dengan segala tantangan yang ada, seperti keterbatasan teknologi atau keterbatasan pada sumber daya manusia; passion, kreativitas, dan ketulusan akan menuntun kita menuju jalan keluar terbaik, sih. Kita jadi berusaha untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan  sebaik-baiknya,” lanjut Dhany.
 
2. Sopan, namun tetap lugas
Ketiga hal pada poin pertama, yakni passion, kreativitas, dan ketulusan, tentu tak akan berarti apabila kita tidak memiliki pembawaan yang positif. Terpilih sebagai Timmy of the Month, Dhany juga dinilai mampu menerapkan Timmyness poin kedua, yaitu "Communicating properly and acting ethically". “Hmm, kalau dipikir-pikir, ini mungkin karena saya memang suka berbicara dan menganggap diri saya muda, jadi sebisa mungkin saya menaruh respek kepada Timmy lain, terutama mereka yang lebih berpengalaman,” terang Dhany. 
 
Hal tersebut, menurut Dhany, masih berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi. “Sopan dan respek itu memang penting, tapi menjadi lugas juga diperlukan saat berkomunikasi dengan orang lain. Saya yakin asalkan kita bisa point out dan mengelaborasikan bahan pembicaraan secara jelas dan kronologis, akan mudah untuk bagi orang lain untuk memahaminya, kok,” ucap Dhany menyampaikan pendapatnya.
 
3. Promosikan dan aplikasikan nilai perusahaan
Timmyness, seperangkat nilai perusahaan yang selalu dipromosikan oleh IDN Media, tentu diharapkan dapat membimbing Timmy agar menjadi individu yang lebih baik, di mana pun ia berada. Dhany mengungkapkan, “Tak peduli masih menjadi bagian dari IDN Media atau tidak karena toh, kendala dalam pekerjaan akan selalu ada. Jadi, seperangkat nilai seperti Timmyness itu sudah sewajarnya menjadi softskill mendasar yang dimiliki oleh setiap pekerja profesional. Kalau betul-betul mengilhami, hampir semua poin Timmyness membantu saya untuk terus menjadi individu profesional yang lebih baik.”
 
Ya, itulah Dhany Damara. Tugasnya untuk memasarkan IDN App dan Yummy App membuatnya tak bisa lepas dari kreativitas. “Saat mendesain push notification, misalnya, saya perlu memilih kata yang sekiranya clickworthy, tapi tidak terkesan insensitif. Namun, pada saat yang bersamaan, menjaga attitude dan berusaha memberikan yang terbaik sudah menjadi sebuah nilai tambah bagi saya pribadi,” tutupnya.
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.