Timmy of the Month: Tanggung Jawab Atas Komitmen Pengaruhi Kesuksesan

Amelia Rosary Dewi | 25 June 2020

Selain Fiqih Damarjati, Timmy of the Month lain yang terpilih pada bulan ini adalah Muhamad Iqbal Zehan. Sebagai seorang Product Manager Yummy, ia terus berusaha untuk tetap menjaga etos kerja dan akuntabilitasnya dalam memimpin tim Yummy App untuk menjadi aplikasi memasak nomor 1 di Indonesia. Wah, ia benar-benar mengaplikasikan Timmyness nomor 3, guys: "Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes."
 
1. Ceritakan tentang role Iqbal di IDN Media, dong?
Saat ini, role saya di IDN Media adalah sebagai Product Manager Yummy. Secara garis besar, saya membantu mengembangkan Yummy App agar menjadi sebuah produk aplikasi yang berguna bagi masyarakat yang memiliki hobi memasak atau ingin belajar memasak.
 
2. Satu hari tipikal yang biasa dilewati oleh seorang Product Manager Yummy...
Pada hari-hari biasa, saya memonitor active users Yummy App, merencanakan pengembangan produk, riset sebelum mengeksekusi pengembangan tersebut, memonitor feedback para users, dan membuat user story untuk pengembangan selanjutnya.
 
3. Apa yang disukai mengenai pekerjaan Iqbal? Apa tantangannya?
Saya menyukai pekerjaan saya karena saya bisa terus mengembangkan kreativitas saya untuk berinovasi dan membuat Yummy App menjadi sebuah aplikasi memasak yang lebih menarik. Selain itu, mengotak-atik dan memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh users saat menggunakan Yummy App juga merupakan suatu hal lain yang saya sukai dari pekerjaan saya.
 
Untuk tantangan, mencari insight adalah suatu hal yang ekstra bagi saya. Saya harus benar-benar memposisikan diri sebagai para pengguna Yummy App agar dapat mengerti apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Setelah memperoleh insight tersebut, saya baru bisa menentukan langkah selanjutnya: apakah saya harus membuat fitur baru atau mengubah fitur tertentu agar pengalaman pengguna Yummy App tetap terjaga.
 
4. Bagaimana biasanya saat mengomunikasikan suatu masalah dengan Timmy lain?
Kalau ada kendala pada pekerjaan yang masih berhubungan dengan Timmy lain, hal pertama yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya memiliki data terkait permasalahan tersebut. Setelah itu, saya akan cek data yang saya miliki dengan permasalahan yang ada. Bila tidak sinkron, saya akan mengomunikasikannya dengan Timmy yang bersangkutan sambil membawa penjelasan dan data yang jelas agar kami dapat menemukan solusi bersama-sama. 
 
5. Mengapa kamu bersyukur bisa jadi bagian dari IDN Media? 
Saya bersyukur menjadi bagian dari IDN Media karena saya dikelilingi oleh orang-orang yang terbuka, tidak pelit ilmu, dan mau mendukung satu sama lain―baik dalam hal pekerjaan maupun di luar pekerjaan.
 
6. Apa yang biasanya Iqbal lakukan untuk bantu mereka ketika mereka ada masalah atau perlu bantuan? 
Komunikasi, empati, dan membantu membuat solusi.
 
7. Apa mimpi Iqbal?
Selain ingin menjadi orang yang berguna bagi orang lain, saya juga memiliki mimpi untuk dapat membuat sebuah produk yang berguna bagi masyarakat luas, seperti apa yang telah dilakukan oleh Winston dan William (CEO dan COO IDN Media).
 
8. Secara teknis, tips apa yang Iqbal akan berikan untuk bisa jadi seorang Product Manager Yummy dengan kinerja yang optimal dan efektif?
Detail terhadap pekerjaan, komitmen terhadap pekerjaan, mengatur waktu agar lebih maksimal, dan jangan malu untuk meminta maaf jika pekerjaan kita ada yang tidak memenuhi target dan fokus untuk menjadi lebih baik lagi dari kesalahan sebelumnya.
 
9. Tips WFH (work from home) di tengah COVID-19 agar profesionalitas tetap terjaga? 
Tips WFH yang utama adalah komunikasi, percaya dengan tim. Lalu, berkomitmenlah untuk tetap produktif selama WFH dan lakukan tracking pekerjaan seluruh anggota tim setiap harinya.
 
10. Bagaimana agar tetap happy di tengah-tengah kesibukan di kantor versi Iqbal?
Kalau saat WFO (work from office), biasanya saya sempatkan main pingpong selama 30 menit. Di sela-sela pekerjaan, saya juga tak jarang bercanda dengan teman-teman satu ruangan agar suasana lebih nyaman dan positif.
 
Bagi Iqbal, menumbuhkan rasa tanggung jawab pada diri kita merupakan suatu hal yang dapat kita lakukan untuk tetap menjaga konsistensi komitmen kita. Ia percaya bahwa pertanggungjawaban adalah salah satu hal yang dapat menuntun kita menuju ke kesuksesan. Terima kasih dan selamat, ya, Iqbal!
 
Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.