Timmy of the Month: Tempo Kerja Dinamis dan Fluktuatif Latih Ketahanan Diri

Amelia Rosary Dewi | 22 December 2020

Pada bulan ini, IDN Media kembali memilih dua Timmy (sebutan bagi mereka yang bekerja IDN Media) untuk diangkat menjadi Timmy of the Month. Salah satu di antara keduanya adalah Restu Rahmah Putri, atau yang lebih akrab disapa Puput, dari tim IDN Times. Dirinya dinilai mampu beradaptasi dengan hal-hal baru, terutama setelah kasus pertama COVID-19 ditemukan di Indonesia. Selain itu, ia juga selalu mengapresiasi teman-temannya ketika mereka berhasil mencapai kesuksesan.

Oleh karena sikap positif Puput tersebut, ia dinilai mampu memenuhi dua poin Timmyness sekaligus, yaitu Timmyness nomor 3: “Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changesdan Timmyness nomor 8: “Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it. Pada kesempatan kali ini, kita akan berbincang lebih dekat dengan Puput. Yuk, kita simak!

1. Tugas yang Puput emban

Puput merupakan seorang editorial secretary di IDN Times. Secara garis besar, tugasnya adalah memastikan bahwa semua kegiatan administrasi atau kesekretariatan berjalan dengan lancar. “Hal-hal tersebut meliputi: pendistribusian dan penerimaan undangan liputan yang nantinya akan saya teruskan kepada teman-teman redaksi. Sebagai sekretaris, saya juga membuat minutes meeting, sekaligus mengagendakan jadwal pemimpin redaksi IDN Times, yaitu Uni Lubis, dan masih banyak lagi.”

2. Makna yang terkandung dalam Timmyness nomor 3 bagi Puput

Dinilai mampu beradaptasi pada hal-hal baru dalam situasi atau kondisi apapun dengan cepat, Puput kini akan menjelaskan perspektifnya mengenai Timmyness nomor 3, yaitu “Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes”. Katanya, "Terutama dalam masa pandemik ini, segala sesuatunya berubah secara cepat. Ini juga berdampak pada pekerjaan, mengingat semuanya harus dilakukan secara online, mulai dari meeting, koordinasi, event, dan yang lain-lain. Ini serba tak pasti, jadi kita harus bisa mengikuti alur yang ada.”

3. Bagaimana dengan Timmyness nomor 8? 

Tak banyak, lho, orang yang bisa ikut berbahagia secara tulus atas pencapaian orang lain. Oleh karena itu, Puput diberi token apresiasi oleh IDN Media atas dirinya yang begitu apresiatif. Ia menegaskan, “Kalau saling care, kita juga akan saling support dan saling berikan apresiasi ketika teman kita ini sukses. Hal kecil seperti inilah yang selalu digaungkan oleh IDN Media. Tindakan sederhana rupanya berpengaruh penting buat orang-orang di sekitar kita, lho.”

4. Dua poin yang penting buat diri sendiri dan perusahaan

Dua poin Timmyness yang disebutkan di atas ternyata sangat berpengaruh pada kemampuan diri dan output untuk perusahaan. “Dengan kedua poin tersebut, kita dapat bertahan, mampu beradaptasi serta dapat menciptakan lingkungan kerja yang suportif dan kreativitas yang penuh makna. Perlu diingat, kerja sama serta kolaborasi dan daya tahan atas tempo kerja yang begitu dinamis dan fluktuatif dapat melatih diri sendiri agar memiliki daya tahan yang baik. Di sisi lain, laju perusahaan pun semakin bergerak ke arah yang progresif,” Puput menjelaskan.

5. Cara mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari

Saat ditanya mengenai cara pengaplikasian nilai-nilai tersebut, Puput dengan yakin menjawab, “Penguasaan konsep diri yang mantap dan stabil. Dengan begitu, kita dapat memahami makna dari nilai-nilai yang ada dengan sangat baik. Komitmen serta konsistensi untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik dan senantiasa berpikiran positif atas segala tantangan dan juga hambatan yang menghadang, itu dia caranya.”

6. Nilai dalam diri jauh lebih penting daripada kemampuan diri? 

IDN Media selalu menegaskan bahwa pribadi dengan nilai yang baik itu jauh lebih unggul bila dibandingkan dengan pribadi yang cerdas, bahkan brilian. Nilai dari dalam diri tidak bisa dengan mudah diasah, namun kecerdasan bisa dipertajam seiring dengan berjalannya waktu. “Nilai yang telah mendarah daging dalam diri dapat menjadikan kita pribadi yang tangguh dan siap dalam menghadapi segala tantangan. Dengan nilai positif, kita pun bisa berikan pengaruh positif pada orang-orang di sekitar kita,” terang Puput, menutup wawancara siang itu.

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.