Timmy of the Month: Didukung Positive Vibe di Lingkungan Kerja

Amelia Rosary Dewi | 5 June 2020

Bulan ini, salah seorang Timmy IDN Media yang bertugas sebagai Creative Video Associate IDN Times, Fiqih Damar, terpilih menjadi Timmy of the Month, guys!

Laki-laki asal Yogyakarta ini memang patut diberi apresiasi bukan hanya karena kreativitasnya dalam membuat video, namun juga karena kemauannya untuk terus belajar dan berkolaborasi dengan tim lain guna memproduksi program-program keren di IDN Times.

Dengan begitu, Fiqih pun telah dinilai berhasil dalam menerapkan Timmyness nomor 1: "Bringing creativity, sincerity, and passion to work"!

1. Boleh di-share tentang role Damar di IDN Media?

Aku di IDN Media bertugas sebagai Creative Video Associate.

Kerjaanku sendiri meliputi pembuatan Story Outlook harian, atau simpelnya, sih, to-do-list.

Dengan membuat itu, kita akan tahu apa target kita, apa yang harus kita lakukan untuk mencapai target tersebut.

Kalau dalam satu hari ada Story Outlook yang tak tercapai, berarti ada yang salah dengan pola kerja, jam kerja, ataupun sistem kerjanya, sehingga bisa kita evaluasi agar esok harinya lebih baik lagi. 

Selain itu, Creative Video Associate tidak hanya berurusan dengan proses pengambilan dan editing video, ya.

Soalnya, kita juga melakukan brainstorming, komunikasi, serta koordinasi dengan tim internal tentang program apa saja yang bisa kita rancang sesuai dengan isu-isu yang sedang bergulir saat ini.

2. Satu hari tipikal yang biasa dilewati oleh seorang Creative Video Associate...

Seperti yang sudah aku sebutkan di poin sebelumnya, one typical day seorang Creative Video Associate itu dimulai dengan membuat Story Outlook harian yang nantinya akan di-share ke atasan (Pemimpin Redaksi).

Dengan begini, semua agenda pada hari itu jelas: tujuannya apa, prosesnya seperti apa.

Biasanya, Story Outlook yang kubuat itu selalu meliputi kegiatan editing, preview, hingga publish.

Tentu saja untuk mencapai target hari itu, komunikasi dan koordinasi dengan tim internal tentang suatu program atau proyek itu sangat diperlukan.

Tak lupa, koordinasi dengan Tim Audience Development untuk mengaktifkan push notification konten-konten yang telah di-publish di media sosial IDN Times.

3. Apa yang Damar sukai mengenai pekerjaan tersebut? Apa tantangannya?

Pada dasarnya, aku sangat suka menjadi orang di balik layar: seseorang yang dengan kreativitasnya mampu membuat suatu program.

Ada rasa puas ketika sebuah karya yang kita inisiasi bisa dinikmati oleh orang lain, apalagi kalau dapat memberi kontribusi positif terhadap orang lain.

Nah, kalau tantangan, benturan-benturan internal maupun eksternal yang aku temui adalah apa yang aku anggap sebagai tantangan.

Meski bisa diselesaikan, kadang hal-hal seperti itu juga mematahkan semangat.

Pada dasarnya, di dalam satu tim, ‘kan, banyak kepala, jadi secara otomatis banyak ide yang kadang tak sesuai dengan keinginan kita.

4. Lalu, bagaimana cara Damar mengomunikasikan suatu masalah dengan Timmy lain (baik dari satu departemen atau departemen lain)?

Kata maaf merupakan kata pertama yang akan selalu kuucapkan ketika ada suatu permasalahan, terlepas dari siapa yang sebenarnya bersalah.

Kata tersebut, aku percaya, mampu membuka jalan untuk menyelesaikan suatu masalah.

Beda kepala, beda perspektif, makanya harus duduk bersama dan saling mengevaluasi.

Hindari perasaan dan sikap “saya yang paling benar”, menunduk bukan berarti tunduk, kok, itu yang selalu saya yakini.

 

5. Mengapa kamu bersyukur bisa jadi bagian dari IDN Media? 

IDN Media itu tempat bekerja dengan positive vibe.

Banyak anak muda yang semangatnya masih membara banget.

Hal-hal baik ini kemudian menular ke saya, jadi saya pun ikut semangat dan selalu berpikiran positif.

Selain itu, kepedulian antar Timmy di IDN Media sangat kental dan menurut saya hal ini merupakan hal yang sangat mahal dan sangat jarang terjadi di perusahaan lain.

6. Agar jadi berguna buat Timmy lain di kantor, apa yang biasanya Damar lakukan?

Sebagai manusia yang harus saling tolong, biasanya aku membantu apa yang bisa aku bantu dengan ikhlas, tanpa mengharapkan apapun.

Kalau misal teman lagi cerita mengenai apa yang sedang ia lewati, aku nggak pernah mau memberikan nasehat karena akan terkesan menggurui.

Makanya, aku lebih ke arah ngobrol biasa, bertukar pengalaman. Kalau ada yang tanya, jawab saja dengan baik dan semampunya, tidak usah melebih-lebihkan, agar tidak terkesan sok tahu.

7. Apa mimpi Damar ke depannya?

Aku ingin Tim Video menjadi tim yang lebih solid dan kuat, mampu menghasilkan program-program yang berkualitas, sehingga klien akan melirik program-program yang kita produksi.

8. Tips WFH di tengah COVID-19 agar profesionalitas tetap terjaga?

Lagi-lagi buat to-do-list harian, supaya semuanya on track.

Tentukan prioritas, termasuk pembagian waktu yang jelas antara pekerjaan kantor dan urusan rumah, dan yang paling penting adalah hindari media sosial saat jam kerja tengah berlangsung.

9. Gimana caranya supaya tetap happy di tengah-tengah kesibukan di kantor versi Damar?

Karena pekerjaanku sekarang ini sudah sesuai dengan passion, aku tidak pernah anggap pekerjaan sebagai beban.

Lakukan ngobrol asik dengan rekan kerja, tapi jangan bahas pekerjaan saat jam istirahat.

Tukar pengalaman dengan rekan kerja tentang kehidupan sehari-hari, kemudian, yang tak kalah penting, lakukan hobi kita meski hanya sebentar ketika ada waktu luang.

10. Satu kalimat buat Millennial dan Gen Z di luar sana?

Tumbuhkan semangat untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik secara konsisten dan jadilah orang bekerja dengan hati.

Pikirkan hubungan-hubungan yg kita bangun dengan rekan kerja, atasan, maupun klien. 

 

Baginya, sukses adalah kerja keras, ketekunan, dan kesukaan terhadap apa yang kita lakukan. Wah, semoga Fiqih bisa jadi inspirasi, ya, guys!

Timmy of the Month adalah sebuah token apresiasi untuk para Timmy yang dapat menerapkan Timmyness secara total, mengambil langkah ekstra dalam melakukan pekerjaan mereka, serta menyebarkan kebaikan ke setiap individu di sekitarnya (ya, it's all about positive vibe), dan memiliki standar integritas yang sangat tinggi.