top of page

Resmi Dibuka, FORTUNE Indonesia Summit 2024 Membahas Kolaborasi Manusia dan Teknologi Secara Holistik di Era Modern

Ferina Giovanca Hotnauli

7 Mar 24 | 13:32

Heading 2

IDN Media Jogja 1_edited.jpg

FORTUNE Indonesia Summit 2024 secara resmi dibuka hari ini, 7 Maret 2024, di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta.  FORTUNE Indonesia Summit 2024 merupakan sebuah platform bagi para multi-stakeholder yang melibatkan para decision makers dan businessperson paling berpengaruh di Indonesia. Tahun ini, FORTUNE Indonesia Summit 2024 mengangkat tiga tema besar, yaitu Forward Thinking, Acceleration, and Sustainability.

 

Acara FORTUNE Indonesia Summit 2024 dibuka dengan sambutan dari CEO IDN Media Winston Utomo. Dalam sambutannya Winston menyampaikan bahwa menjalani sebuah bisnis bukan hanya soal profit atau revenue semata, melainkan harus ada dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas. “FORTUNE Indonesia Summit adalah konferensi bisnis yang melibatkan pemimpin masa depan Indonesia. Dengan membawa tiga tema besar, Forward Thinking, Acceleration, dan Sustainability, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia yang lebih maju dan memiliki dampak positif yang berkelanjutan.”

 

Berjudul “The Evolution of Technology: Where Humans Collaborate with Machines,” talkshow pertama FORTUNE Indonesia Summit 2024 membahas mengenai perkembangan teknologi yang membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan, serta bagaimana mengoptimalkan efisiensi dan inovasi-inovasi yang dihasilkan. Talkshow ini menghadirkan President & CEO PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra dan Chief Technology Officer Tokopedia, Herman Widjaja.

 

Meskipun teknologi telah mengalami banyak perubahan, Irfan meyakini pentingnya menetapkan transformasi yang sesuai untuk terus memenuhi kebutuhan penumpang. "Sebagai industri penerbangan, pelayanan yang membuat penumpang merasa nyaman adalah hal yang sangat kami tekankan. Oleh karena itu, kami harus selalu responsif terhadap kebutuhan mereka, termasuk menyediakan layanan wifi dan hiburan di dalam pesawat," jelas Irfan.

 

Herman juga menekankan pentingnya identifikasi masalah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan melalui penggunaan data science. "Kami mengakui bahwa mengidentifikasi masalah dengan akurat merupakan langkah kunci dalam proses inovasi. Kami juga memahami betapa pentingnya layanan pengiriman antar kota dalam memastikan pengalaman belanja yang unggul bagi pelanggan kami. Dengan menggunakan data secara cerdas, kami bertekad untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat," ungkap Herman.

 

Diskusi inspiratif FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian berlanjut dengan pembahasan menarik seputar teknologi AI. Untuk mengulas pembahasan ini, hadir President Director IBM Indonesia Roy Kosasih dan Direktur Manajemen Risiko PT PLN (Persero) Suroso Isnandar dalam sesi bertajuk “Leveraging Technology and AI for Strategic Business Decision-Making”. Diskusi ini menyoroti bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan teknologi dan data untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam menghadapi tantangan yang kompleks.

 

Roy menekankan pentingnya menerapkan teknologi dan kecerdasan buatan (AI) dalam konteks perkembangan perusahaan, yang telah diimplementasikan di IBM Indonesia untuk mendukung pengambilan keputusan strategis. Dalam penjelasannya, Roy menyatakan, "Kami telah menyaksikan bagaimana teknologi dan AI tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan pemimpin wawasan yang mendalam untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana dan tepat sasaran."

 

Sedangkan dalam industri energi, penggunaan teknologi dan AI adalah kunci untuk menghadapi tantangan kompleksi di industri energi. “Kami telah memanfaatkan teknologi untuk memantau jaringan distribus kami dengan lebih akurat, menganalisis data konsumsi energi, dan meramalkan kebutuhan energi di masa depan.” ungkap Isnandar. Dengan pendekatan ini, PLN dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien dalam mengelola infrastruktur energi yang kritis.

 

Sesi FORTUNE Indonesia Summit 2024 kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama Executive Chairman IBM Indonesia Omar Anwar, Direktur PT Bank Central Asia Tbk Haryanto T. Budiman, dan CEO PT Mowilex Indonesia Niko Safavi dalam sesi bertajuk “ESG : An Urgent Call to Action”. Dalam sesi ini, para narasumber kerap berbagi pandangan mengenai bagaimana perusahaan dapat memperkuat komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

 

Haryanto mengungkapkan bagaimana perusahaan memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. “Kami telah mengambil langkah-langkah nyata untuk memperkuat komitmen kami terhadap ESG. Kami secara aktif mengintegrasikan praktik-praktik ESG ke dalam semua aspek operasional kami, dari pengelolaan risiko lingkungan hingga dukungan terhadap inisiatif sosial yang berkelanjutan.” ujar Haryanto. Dengan pendekatan ini, BCA tidak hanya bertujuan untuk mencapai kesuksesan bisnis, tetapi juga untuk menjadi agen perubahan yang berkelanjutan dalam masyarakat.

 

Diskusi inspiratif FORTUNE Indonesia Summit 2024 masih akan berlangsung hingga sore nanti, yang diikuti dengan puncak Awarding Session untuk FORTUNE Indonesia 40 Under 40, Businessperson of The Year, dan Change The World.

 

Info lebih lanjut mengenai jadwal acara FORTUNE Indonesia Summit 2024 dapat dilihat melalui website fortunesummit.fortuneidn.com atau Instagram resmi @fortune.idn.
 

bottom of page