top of page

Merayakan Emansipasi Wanita Lewat Kartinian Bareng IDN

Ferina Giovanca Hotnauli

23 Apr 24 | 14:12

Heading 2

IDN Media Jogja 1_edited.jpg

Hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April di Indonesia, adalah momen yang sangat penting dalam sejarah perjuangan emansipasi perempuan. Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional Indonesia, dikenal sebagai pelopor gerakan emansipasi wanita di Indonesia pada abad ke-19. Beliau berjuang keras untuk memberikan akses pendidikan yang lebih baik bagi perempuan, serta mengadvokasi hak-hak perempuan untuk merdeka dalam berpikir dan bertindak.

 

Pada hari Senin (22/04), IDN Media menggelar acara spesial untuk merayakan Hari Kartini dengan semangat keberagaman dan kesetaraan gender. Dengan mengusung konsep kegiatan “Kartinian Bareng IDN”, hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen IDN Media untuk memberikan ruang yang sama bagi semua individu, tanpa memandang gender.

 

1. Timmy Perempuan mengenakan kebaya untuk memperkuat identitas budaya

Para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) perempuan mengenakan kebaya sebagai simbol kebanggaan akan budaya dan keindahan tradisi Indonesia. Kebaya bukan hanya sekadar busana, namun juga simbol dari kekuatan dan keindahan perempuan Indonesia. Dengan mengenakan kebaya, mereka tidak hanya menghormati warisan perjuangan Kartini, namun juga menyuarakan semangat untuk memperkuat identitas budaya.

 

2. Mengekspresikan diri dengan menghadirkan free manicure dan nail art

Para Timmy Perempuan juga mendapatkan kesempatan untuk merawat dan mengekspresikan diri melalui manicure dan nail art secara gratis, yang didukung oleh The Buffers Club. Dengan judul kegiatan “Habis Gelap, Terbitlah Warna Warni”, acara ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para Timmy Perempuan, dan juga memperkuat rasa percaya diri dan ekspresi diri para wanita.

 

3. Berkomitmen untuk menjunjung tinggi kesetaraan gender

IDN Media tidak hanya berbicara, namun juga bertindak nyata untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan adil bagi semua individu, balik laki-laki maupun perempuan. Dengan menggelar acara ini, IDN Media ingin menginspirasi dan memotivasi tidak hanya pada Timmy namun juga masyarakat luas untuk terus menjunjung tinggi tidak hanya kesetaraan gender, tetapi juga emansipasi perempuan.

 

Salah satu Timmy Perempuan, Salma Alyfa Wibowo selaku Creator Development Associate ICE, menyampaikan, “Acara ini sungguh menginspirasi aku untuk terus percaya pada kekuatan wanita dan perjuangan emansipasi Kartini. Melalui kegiatan ini, aku merasa dihargai dan didukung untuk menjadi versi terbaik dari diriku sendiri.”

 

Dengan menghadirkan rangkaian kegiatan khusus di hari Kartini, IDN Media berharap dapat terus mendukung kesetaraan gender dan memperkuat identitas budaya, sambil terus memperjuangkan emansipasi perempuan di Indonesia. Mari bersama kita melanjutkan perjuangan untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan merata bagi semua individu, tanpa terkecuali.

bottom of page