Festival Menulis Indonesia Writers Festival 2020 Hadir Secara Virtual di Bulan September

Amelia Rosary Dewi | 16 September 2020

IDN Times mengumumkan perhelatan Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 yang akan diadakan pada 21-26 September 2020 mendatang. Di tahun ketiganya ini, Indonesia Writers Festival akan pertama kali dilakukan secara virtual. Kendati demikian, IWF 2020 akan tetap menghadirkan rangkaian acara seputar dunia literasi yang tidak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dari tahun ke tahun, Indonesia Writers Festival selalu mengusung visi yang sama, yakni memberdayakan masyarakat Indonesia melalui menulis, atau empowering Indonesians through writing. Di situasi pandemik ini, di saat orang-orang harus banyak tinggal di rumah, menulis kemudian menjadi alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk membantu masyarakat menghadapi masa-masa sulit ini.

Karena itu, selama 6 hari, Indonesia Writers Festival 2020 akan menghadirkan pembicara dari beragam latar belakang. Mereka akan membagikan perspektif serta keahlian mereka seputar dunia literasi. Beberapa nama yang akan hadir adalah Jurnalis dan Penulis Fenty Effendy, Penulis dan Aktivis Kesetaraan Gender Kalis Mardiasih, Sastrawan Agus Noor, Penulis dan Pendiri Storial.co Brilliant Yotenega, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, selama event Indonesia Writers Festival 2020 berlangsung, peserta juga dapat mengikuti kompetisi menulis sekaligus mencoba langsung pengalaman menulis melalui platform IDN Times Community. Saat ini, IDN Times Community telah menjadi salah satu komunitas menulis terbesar di Indonesia dengan lebih dari 30.000 penulis aktif setiap bulannya.

Uni Lubis, Editor-in-Chief IDN Times - “Diselenggarakan di tengah suasana bersejarah akibat COVID-19, tema ‘Be Creative During Pandemic’ menjadi sangat pas untuk diusung. Harus belajar atau bekerja dari rumah, anak muda juga harus tetap menjaga imunitas dengan bersikap dan berpikir kreatif. Kami berterima kasih atas kesediaan para pembicara dengan latar belakang yang beragam dan prestasi yang menginspirasi. IWF 2020 meneguhkan tekad kami untuk terus memberdayakan masyarakat lewat menulis, Empowering Indonesia Through Writing. Lewat menulis, kita bisa berikan #PositiveImpact untuk masyarakat. Selain itu, IDN Times, lewat Community Writers yang sudah memiliki lebih dari 30.000 anggota aktif, pun mendapatkan award ‘Best in Audience  Engagement’ dalam ajang Asian Digital Media Awards 2020 yang diselenggarakan oleh WAN-IFRA (World Association of News Publishers). Di kesempatan kali ini, penghargaan dan terima kasih juga kami sampaikan untuk semua tim dan penulis.”