Gabungkan Gamifikasi dan Edukasi, IDN Times Raih Penghargaan Best in Audience Engagement dari WAN-IFRA

Amelia Rosary Dewi | 16 September 2020

Tahun ini, IDN Times kembali mendapatkan kehormatan dianugerahi penghargaan Best in Audience Engagement dalam ajang Asia Digital Media Awards 2020 yang diselenggarakan WAN-IFRA (World of Association of News Publisher). Sebelumnya, di tahun 2019, IDN Times juga meraih penghargaan serupa untuk salah satu programnya, yaitu #MillennialsMemilih.

 

Menyadari pentingnya engagement dengan audiens, IDN Times meluncurkan IDN Times Community yang terinspirasi dari konsep user-generated content. Namun, tak hanya untuk menjaga engagement dengan audiens, IDN Times Community juga diharapkan dapat memberi edukasi literasi pada penggunanya. 

Langkah utama yang diambil oleh IDN Times adalah dengan menyediakan wadah bagi para audiensnya untuk menulis di platform IDN Times. Namun, untuk menjaga kredibilitas dan kualitas tiap artikel yang terbit, IDN Times telah menciptakan guideline dan mekanisme yang cukup ketat. Bila tidak memenuhi standar jurnalistik tersebut, misalnya karena mengandung unsur hoaks, plagiarisme, komersial, dan diskriminatif, artikel tersebut akan secara tegas ditolak dan tak akan diterbitkan.

Seiring dengan perkembangannya, IDN Times Community tak hanya berkontribusi bagi pertumbuhan IDN Times sendiri, tapi juga memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk berpartisipasi dalam memproduksi konten yang berkualitas. Tidak hanya Jakarta sentris, IDN Times Community pun semakin mendukung visi utama IDN Times “to democratize information” dengan menampung berita teraktual dari seluruh bagian di Indonesia.

Uni Lubis, Editor-in-Chief IDN Times: “Bersyukur. Ini kabar baik di saat pandemik. Hasil kerja tim yang solid. Semoga bikin makin bersemangat untuk terus bermanfaat bagi publik. Penghargaan ini juga untuk komunitas penulis IDN Times yang jumlahnya lebih dari 30.000, yang bersama-sama empowering Indonesia through writing. Mereka adalah bagian yang sangat penting dari IDN Times.”