Hari Jadi ke-6: Miliki Ekosistem Bisnis yang Lengkap, IDN Creative Siap Jadi One-Stop Digital Agency

Amelia Rosary Dewi | 8 April 2021

Tanggal 8 April 2021, IDN Creative genap berusia 6 tahun. Fokus pada brand storytelling, kreasi konten, dan aktivasi online, di ulang tahunnya yang ke-6 ini IDN Creative ingin terus menjadi agensi digital multi-platform, yang tak hanya fokus mencetuskan ide kreatif untuk brand dan advertiser, namun juga membantu mereka dalam proses eksekusinya.

Berada pada ekosistem bisnis IDN Media yang saling bersinergi, IDN Creative dapat dengan lebih mudah mengarahkan brand dan advertiser untuk merancang dan mengeksekusi strategi pemasaran yang selaras dengan kebutuhan mereka. Tak hanya itu, agar dapat dengan tepat menyasar target audiens yang diinginkan, IDN Creative berkomitmen untuk terus menerapkan data-driven strategy yang empiris. Pada prosesnya, IDN Creative pun memastikan data dan performa diamati secara reguler agar efektivitas output campaign dapat lebih termonitor.

IDN Creative juga memahami adanya perbedaan perilaku pada setiap segmen audiens. Oleh karenanya, memahami dan mengamati perbedaan preferensi audiens menjadi salah satu titik fokus yang kritikal bagi IDN Creative. Dengan data yang diperoleh, IDN Creative terus berupaya untuk menciptakan creative marketing strategy yang tak hanya efektif, namun juga tepat sasaran. Dengan demikian, campaign yang dilaksanakan pun akan lebih hyper-relevance, terutama di tengah situasi tak menentu akibat pandemik COVID-19.

Robaitur Rasyid, Head of IDN Creative - “Tak terasa 6 tahun telah berlalu. Melihat kembali apa yang telah kami lewati, kami merasa bangga akan apa yang IDN Creative sudah berhasil capai sejauh ini. Di tahun yang ke-6 ini, kami berharap agar tiap marketing strategy yang kami rancang dapat memberikan insight yang berarti bagi brand dan advertiser. How do we actualize it? Pertama, dengan memahami bahwa over-generalization sudah tak relevan lagi, mengingat segmen audiens sudah begitu beraneka ragam. Oleh karenanya, tiap story telling harus dibuat unik dan tailor-made, menyesuaikan segmen audiens yang dituju. Kedua, setiap penentuan keputusan harus dilaksanakan berdasar data, agar segala sesuatunya tepat sasaran: right approach, right audience, right medium, right moment. Didukung pula dengan ekosistem bisnis IDN Media yang begitu beragam, IDN Creative ingin menjadi one-stop digital agency yang mampu memenuhi kebutuhan brand dan advertiser, dari hulu hingga ke hilir."