IDN Pictures Umumkan Daftar Nama Para Pemain di Film Perdananya, Balada Si Roy

Amelia Rosary Dewi | 17 December 2020

Setelah resmi memublikasikan judul proyek perdananya awal November lalu, IDN Pictures mengumumkan deretan nama pemain film Balada Si Roy pada hari Rabu, 16 Desember 2020, melalui sebuah konferensi pers virtual. Balada Si Roy adalah film pertama IDN Pictures yang akan dirilis pada tahun 2021 mendatang. Diadaptasi dari novel legendaris karya Gol A Gong, film ini diproduseri oleh Susanti Dewi dan disutradarai oleh Fajar Nugros. Keduanya juga merupakan Head of IDN Pictures

Proyek film pertama IDN Pictures ini menggandeng penulis skenario Salman Aristo. Bahkan sejak duduk di bangku SMA dan kuliah, Salam mengaku sering kali menjadikan Roy sebagai trendsetter-nya. “Cerita yang terkandung dalam novel tersebut memang abadi, tidak lekang oleh waktu. Satu garis besar yang dapat saya tarik adalah karakter Roy yang anti stagnan. Ceritanya jadi relevan karena sampai kapan pun, anak muda akan terus anti stagnan,” ucapnya.

Kurator musik ternama Adib Hidayat juga bergabung dengan tim untuk mempersembahkan tatanan audio yang apik untuk film pertama yang dipersembahkan oleh IDN Pictures tersebut. “Soundtrack-nya bergenre rock, anti kemapanan. Pas saya baca ulang novelnya, pas saya tilik naskah yang sudah disiapkan oleh Aris, saya pikir, menghidupkan kembali band rock Indonesia yang sedang naik daun di era ‘80 hingga ‘90-an oke juga. Untuk theme song-nya, saya pilih musisi baru yang sedang digandrungi di masa sekarang juga. Ada percampuran di situ,” terang Adib di konferensi pers Balada Si Roy.

Mengambil setting di daerah sekitar Banten, seperti Serang dan Rangkasbitung, film Balada Si Roy kini sedang berada pada tahap akhir persiapan, sedangkan shooting akan dimulai pada awal Januari. Melibatkan beberapa aktor dan aktris muda, berikut adalah nama pemain yang akan tampil di film Balada Si Roy pada 2021 mendatang.

1. Abidzar Al-Ghifari akan berperan sebagai Roy, karakter utama laki-laki yang digambarkan sebagai sosok bandel, namun melindungi dan mengayomi.

2. Febby Rastanty akan berperan sebagai Ani, sosok karakter utama perempuan yang didambakan oleh Roy.

3. Bio One akan beperan sebagai Dullah, seorang pemuda yang menguasai Serang.

4. Fachri Muhammad akan berperan sebagai Sodik, salah satu anggota geng Dullah.

5. Dea Aditya akan berperan sebagai Iwan, salah seorang kawan lain dari Dullah.

6. Sitha Marino akan berperan sebagai Dewi, seorang perempuan tomboy yang jatuh hati pada Roy.

7. Zulfa Maharani akan berperan sebagai Wiwik, seorang perempuan agresif yang juga mengagumi Roy.

8. Jourdy Pranata akan berperan sebagai Andi, sahabat Roy.

9. Omara akan berperan sebagai Toni, sahabat Roy.

10. Yusuf Mahardika akan berperan sebagai Edi, salah seorang sahabat Roy yang lain. 

11. Maudy Koesnaedi sebagai ibu dari Roy. 

12. Kiki Narendra sebagai ayah dari Ani.

Winston Utomo, CEO IDN Media - “IDN Pictures adalah perusahaan film berbasis teknologi yang berkomitmen untuk terus membuat film yang impactful bagi generasi Millennial dan Z di Indonesia. Kami selalu percaya bahwa film adalah salah satu medium yang sangat powerful. Alur, pesan moral, pemain-pemain yang dipilih, dan bahkan sinematografinya sendiri dapat memengaruhi emosi dan perasaan para audiens. IDN Pictures tentu akan mempersembahkan yang terbaik, sehingga tak hanya para pembaca novel Balada Si Roy saja yang terpukau, namun juga mereka yang bahkan belum sempat mengetahui atau membaca novel tersebut.”

William Utomo, COO IDN Media - “Novel Balada Si Roy sudah dicetak lebih dari 300.000 copies. Ini adalah salah satu buku terlaris di sepanjang sejarah Indonesia. Ceritanya, penggambaran karakternya, problematika yang dihadapi, semua itu relevan dengan apa yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, terutama generasi Millennial dan Z. Melalui medium film, kami berharap audiens dapat menyerap nilai-nilai positif yang terkandung di cerita tersebut, seperti persahabatan, pemecahan masalah, dan keluarga. Semua sesuai dengan visi IDN Media, yakni untuk mendemokrasikan informasi.”

Fajar Nugros, Head of IDN Pictures - “Merupakan sebuah kehormatan buat saya untuk mengangkat novel Balada Si Roy ke layar lebar. Ini adalah hal yang sangat istimewa, mengingat bahwa film ini juga merupakan proyek pertama IDN Pictures. Ceritanya mengenai seorang anak muda yang sedang mencari jati diri, ia selalu mendobrak tatanan yang ada. Harapannya, proyek pertama IDN Pictures ini juga dapat mendobrak tatanan perfilman Indonesia agar terus menjadi lebih baik.” 

Susanti Dewi, Head of IDN Pictures - “Sejak dua tahun yang lalu, saya dan Nugros sudah berniat untuk mengangkat novel ini sebagai sebuah film layar lebar. Saya bilang ke Nugros, harus Mas Aris yang menjadi penulis skenarionya. Di lain sisi, saya juga berpikir, harus Mas Adit ini yang kurasi dan identifikasi musiknya. Saat Nugros hubungi mereka, ternyata mereka juga menanyakan hal yang sama. Saya jadi semakin sadar bahwa proses penggarapan film itu sama seperti jodoh: ada gayung yang bersambut.”

Gol A Gong, Penulis Balada Si Roy - “Dengan digarapnya Balada Si Roy menjadi sebuah film layar lebar, nilai-nilai yang telah saya tuangkan di novel Balada Si Roy pun akhirnya diperkaya dengan beberapa nilai baru oleh Fajar Nugros. Relevansi nilai yang sudah ada semakin bertambah, membuat film Balada Si Roy ini menjadi semakin relatable dengan kehidupan anak muda zaman sekarang. Misal, adanya ajakan untuk menghirup udara segar di luar, kumpul bersama teman-teman, kesampingkan gadget ketika sedang bersua dengan kawan. Nilai sederhana, tapi mendasar.”