top of page

IDN Chat Vol. 03: Teknologi dan Interaksi Lewat TikTok

15 Mar 20 | 12:58

Amelia Rosary

IDN Chat Vol. 03: Teknologi dan Interaksi Lewat TikTok

IDN Chat Vol. 03 yang diadakan pada 13 Maret 2020 lalu mengundang Angga Anugrah Putra sebagai Head of Content and User Operations Tiktok Indonesia untuk mendiskusikan "Understanding Gen-Z Market". Siapa, sih, yang tak familiar dengan TikTok? Sebuah platform pendistribusian konten (bukan sosial media, ya) yang lagi hype banget beberapa waktu belakangan ini. 


Berangkat dari fakta bahwa Indonesia memiliki rata-rata pengguna internet sebesar 175.4 juta, di mana gen-z mengakses internet sebanyak 10 jam per hari, TikTok menyadari bahwa gen-z adalah target yang paling seru untuk dieksplor lebih jauh. “Gen-z kita itu punya attention span 8 detik, ya, hanya 8 detik. Kita perlu sebuah konten yang compact, tapi ngena. Itu mengapa kita buat video pendek,” Namun, jika dipikir-pikir, bagaimana video dengan durasi pendek bisa mengubah hidup kita?


Ada 3 hal utama yang diutamakan oleh TikTok. Yang pertama: empowering creativity, merangsang kreativitas yang bahkan tak terpikirkan sebelumnya. Kedua: sharing the precious moment together karena teknologi sekarang biasanya mendekatkan yang jauh, tapi  malah menjauhkan yang dekat. Dengan membuat konten video TikTok bersama keluarga atau teman, diharapkan kita tetap dapat membangun interaksi bersama mereka. Yang ketiga: achieving valuable impacts dengan membangun kerja sama bareng Dinas Pariwisata Medan, misalnya, untuk mempromosikan spot wisata di Medan melalui video TikTok. 


Tak selamanya teknologi diasosiasikan dengan anti sosial, kok. Selain mengasah kreativitas, kita masih bisa mengedepankan interaksi sosial dengan membuat video singkat di TikTok bersama teman atau kerabat kita. Semoga menginspirasi, ya! 

bottom of page