top of page

5 Karakter Penting yang Harus Dimiliki Generasi Muda

9 Apr 21 | 12:00

Amelia Rosary

Ada yang sudah kamu terapkan di kehidupan sehari-hari?

5 Karakter Penting  yang Harus Dimiliki Generasi Muda

Generasi muda merupakan generasi yang menempati puncak fase perkembangan jiwa manusia. Tak heran apabila generasi ini digadang sebagai motor penggerak kemajuan bangsa. Oleh karenanya, mereka diharapkan memiliki beberapa nilai dasar yang harus selalu dijunjung tinggi. Sebagai media yang fokus pada generasi millennial dan z di Indonesia, IDN Media telah merangkum lima hal yang harus dimiliki oleh generasi muda sebagai penerus bangsa ini.


1. Menjaga kejujuran dan integritas 

Kejujuran menjadi salah satu tolok ukur utama yang menentukan masa depan seseorang. Pernyataan ini merupakan fakta tak terelakkan. Bagaimana tidak? Kejujuran memiliki kaitan erat dengan integritas; keduanya dapat memberikan gambaran tentang bagaimana mutu dan sifat kita sebagai seorang individu. Artinya, kejujuran dan integritas juga dapat memengaruhi reputasi kita sebagai seorang individu.


Pada sebuah wawancara beberapa waktu lalu, Winston Utomo, CEO IDN Media, mengamini hal tersebut dan menegaskan, “Ingat, tak ada kesuksesan yang dapat diraih tanpa integritas dan tak ada integritas yang tidak akan membawa kita kepada kesuksesan. Kedua hal tersebut merupakan fondasi kepemimpinan yang dapat membentuk reputasi kita sebagai seorang individu. Tetap lakukan yang terbaik, bahkan ketika tak ada orang yang mengetahuinya.”


2. Berpikir kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir secara jernih mengenai apa yang harus dipercaya dan apa yang harus dilakukan. Tidak serta merta menerima informasi, seseorang juga harus mampu memproses informasi tersebut secara lebih dalam, menyesuaikan dengan rasionalitas dan logika. Mengembangkan kemampuan untuk berpikir secara kritis tentu dapat membangun sebuah generasi yang teliti dan tidak impulsif. 


Sama halnya dengan mengonsumsi berita, IDN Media juga mengajak audiensnya untuk tetap berpikir kritis. Derasnya arus informasi menuntut pembaca untuk lebih bijak dalam menginterpretasikan informasi yang ada. Dengan kata lain, arus informasi yang semakin terbuka seharusnya dapat menstimulasi pertukaran pikiran dan diskusi terbuka. Sebagai ujung tombak dari perjuangan ini, generasi muda harus secara proaktif mengajak publik untuk semakin menanggapi sebuah informasi secara lebih arif. 


3. Tangguh dan adaptif

Generasi millennial dan z diharapkan tampil sebagai generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan di masa depan. Pada dasarnya, tantangan akan selalu ada, bahkan berakselerasi. Kendati demikian, generasi muda diminta untuk dapat menempa diri dengan belajar dari hambatan dan kegagalan yang telah dilalui. 


Kesuksesan memang mengajarkan manusia untuk terus bersyukur dan menjaga kerendahan hati, namun kegagalanlah yang mengajarkan makna perjuangan dan optimisme. Saat menemui turbulensi dalam proses kehidupan, di saat itu pulalah karakter harus semakin bersinar. Perlu diingat, generasi muda yang tangguh dan adaptif akan menuntun Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik. Winston pernah berpesan, “Adapt or left out. Kalau tidak menyanggupi untuk adaptasi, menjadi tertinggal itu risiko.”


4. Komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu faktor substansial yang harus diperhatikan oleh individu. Di dunia profesional, keterampilan komunikasi juga dapat membantu dirinya untuk mendapatkan penilaian bagus dari lingkungan kerja. Kemampuan komunikasi yang dimaksud bukan semata teknik untuk melakukan public speaking, namun lebih ke bagaimana seseorang dapat berinteraksi dengan pihak lain dengan baik, tepat, dan saling menghargai satu sama lain.

 

Di IDN Media, contohnya, ada sebuah sesi meeting 1:1, salah satu sesi yang wajib dilaksanakan secara reguler. Tak hanya dengan atasan atau rekan satu tim saja, Timmy juga diminta untuk minta menjalin komunikasi dengan Timmy dari tim lain. Tak terbatas untuk membahas masalah kerjaan saja, sesi 1:1 juga diharapkan menjadi sarana komunikasi bagi Timmy untuk menceritakan hal-hal personal yang positif dan worth sharing. 


5. Menghargai keberagaman

Pemahaman budaya yang lebih dalam dapat menghasilkan interaksi yang lebih positif, kolaborasi yang lebih baik, dan percakapan yang lebih beragam. Perbedaan yang ada di tempat kerja mendorong banyak perusahaan, termasuk IDN Media, untuk menerapkan kultur inklusif. Secara umum, perusahaan akan mengakomodasi dan menghargai keberagaman karyawannya, sehingga mereka dapat berkontribusi secara penuh, tanpa harus mengalami diskriminasi. Perbedaan dari segi kultur, perspektif, dan kemampuan ini justru dapat memberi pandangan yang beragam tentang tantangan yang dihadapi perusahaan, sehingga kemungkinan untuk mencetak peluang baru pun menjadi lebih besar.


Nah, itulah lima hal yang harus dimiliki oleh generasi muda versi IDN Media. Demi masa depan bangsa yang lebih baik, apakah kalian sudah memenuhi kelimanya?


bottom of page