top of page

Komunikasi Jadi Kunci dalam Bekerja di tim Product

17 May 23 | 14:13

Felicia Yulianti

undefined

Komunikasi Jadi Kunci dalam Bekerja di tim Product

Bidang Product merupakan salah satu bidang pekerjaan yang semakin populer dan berkembang pesat di era digital saat ini. Pekerjaan di bidang Product menawarkan banyak peluang untuk terlibat dalam proses pengembangan produk yang inovatif dan memenangkan persaingan di pasar yang semakin ketat.


Sebagai perusahaan berbasis teknologi, IDN Media pun memiliki talenta-talenta berbakat di tim Product, salah satunya adalah Ardi Ferdinan Sihombing. Untuk lebih mengenal tentang pekerjaan di bidang Product, yuk simak artikel berikut ini!


1.Berperan dalam pengembangan aplikasi IDN Media


Individu yang bekerja di tim Product memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan arah dan strategi pengembangan produk, mulai dari perencanaan hingga peluncuran. Mereka harus dapat memahami kebutuhan pelanggan, tren pasar, kebutuhan bisnis, serta bekerja sama dengan tim teknis, pemasaran, penjualan, dan departemen lainnya untuk menciptakan produk yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pelanggan.


Di IDN Media, tim Product pun memiliki peran yang serupa. Ardi menjelaskan bahwa dirinya di tim tersebut bertanggung jawab mengembangkan aplikasi-aplikasi dan website milik IDN Media seperti Yummy App, IDN Platform, termasuk fitur live streaming-nya yaitu IDN Live, hingga aplikasi teranyar yang baru diluncurkan Mei 2023 yaitu ICE App. Pada dasarnya, pekerjaan di tim Product berkaitan dengan mencari solusi bagaimana cara memberikan pengalaman terbaik menggunakan aplikasi kepada para pengguna.


Untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari, ada beberapa skill yang perlu dikuasai oleh tim Product, khususnya sebagai UI Designer seperti Ardi. “Selain skill UI UX designer yang pasti harus dikuasai, kita juga harus memahami perilaku pengguna di platform kita. Dan yang terpenting, kita juga harus mampu berkomunikasi dengan tim.” ungkap Ardi.


2.Bekerja di tim Product juga harus memiliki soft skill


Bekerja di tim Product dituntut memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan memimpin tim secara efektif. Namun, jika berhasil, pekerjaan ini dapat memberikan kesempatan untuk mengembangkan karir dan mencapai kesuksesan di bidang bisnis dan teknologi. Ardi pun menuturkan pentingnya menjaga komunikasi antar tim, apalagi tim Product IDN Media ada yang bekerja di luar kota. 


“Perihal komunikasi ini mungkin termasuk tantangan bagi pemula. Namun, saya sendiri tidak merasa kesulitan dalam menjaga komunikasi  yang baik dikarenakan sebelumnya sudah pernah merasakan beda tim antar kota dan berkesempatan menangani pekerjaan dari jarak jauh.” jelasnya.


3.Menjadi saksi pertumbuhan pesat IDN Media


Ardi sudah bekerja selama 6 tahun di IDN Media. Tentunya, Ardi menjadi salah satu Timmy yang menjadi saksi pertumbuhan IDN Media dari dulu hingga kini menjadi perusahaan media ternama untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia. Menapak tilas perjalanannya bersama IDN Media, ia merasakan langsung perbedaan dirinya dulu dan sekarang. “Perbedaan yang pertama dirasakan yaitu bertambahnya skill dalam diri, cara berkomunikasi antar personal dan tim jauh lebih mahir dibandingkan sebelumnya, lalu meningkatnya rasa kepercayaan diri untuk berani tampil di depan publik.” ungkap Ardi.


Di momen menjelang ulang tahun ke-9 IDN Media, Ardi pun memiliki pesan dan harapan untuk IDN Media dan para Timmy. “Semoga IDN Media dapat tetap mempertahankan budaya perusahaannya yang baik dan ramah. Saya juga berharap IDN Media dapat berkembang lebih baik lagi dan mewujudkan visinya mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia.” tutup Ardi.

bottom of page