top of page

Tingkatkan Potensi dan Dampak Creators Economy Melalui Teknologi Live Streaming

19 Jun 23 | 10:59

Felicia Yulianti

undefined

Tingkatkan Potensi dan Dampak Creators Economy Melalui Teknologi Live Streaming

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi telah menjadi pendorong utama dalam munculnya creators economy yang sedang berkembang pesat saat ini. Dengan adanya  kemajuan teknologi termasuk munculnya berbagai sosial media dan platform live streaming yang inovatif, siapapun kini memiliki akses yang lebih mudah dan luas untuk berbagi karya kreatif dan interaktif yang mereka buat dengan audiens yang lebih luas. Lalu, sebenarnya bagaimana cara perusahaan media memanfaatkan teknologi demi memaksimalkan potensi creators economy sebagai salah satu industri yang menjanjikan di masa depan?


1.Creators economy sebagai industri dengan potensi luar biasa di masa depan


Dalam acara Product Development Conference 2023, Head of Communications IDN Media Kania Aisha Pasaman menjelaskan mengenai definisi creators economy, yang merupakan jenis industri yang melibatkan para content creators untuk memonetisasi konten-konten buatan mereka. Selain itu, Kania menjabarkan perkembangan industri creators economy beberapa tahun belakangan ini, terutama saat pandemi. Seperti yang didemonstrasikan oleh JKT48, grup idola ternama di Indonesia yang diakuisisi oleh IDN Media pada tahun 2022. 


“JKT48 merupakan grup idola yang mengandalkan interaksi untuk menjalin kedekatan dengan penggemar. Namun akibat kebijakan social distancing, JKT48 harus membatalkan banyak kegiatan offline mereka, seperti konser dan acara handshake. Sehingga, JKT48 memanfaatkan teknologi untuk terus terhubung dengan penggemar mereka.” jelas Kania.


2.Memanfaatkan teknologi live streaming untuk meningkatkan engagement di industri creators economy


Mengutip dari Head of Product IDN Media Ariel Aulia Widjaja, produk teknologi dapat membantu para content creator untuk berkarya dan berinteraksi di mana dan kapan saja dengan para penggemar mereka. Untuk mendukung creators economy, IDN Media membangun sebuah platform live streaming yaitu IDN Live yang diluncurkan pada tahun 2021, yang memungkinan content creators dan penggemar untuk berinteraksi secara langsung. Misalnya saja JKT48 yang rutin mengadakan sesi live streaming tiap minggu di IDN Live. Di sesi tersebut, penggemar dapat berinteraksi dengan idola mereka di section komentar dan bahkan memberikan dukungan secara langsung dengan mengirimkan virtual gift.


Ariel pun memberikan insight bahwa setelah hampir 2 tahun fitur IDN Live beroperasi, konten hiburan menjadi favorit para audiens. “Konten esports menjadi konten paling digemari oleh para penonton setia IDN Live, menempati 30% dari keseluruhan konten yang tayang di IDN Live.” ungkap Ariel. 


3.Pemanfaatan teknologi sebagai komitmen untuk memberikan layanan terbaik untuk audiens


Vice President of Technology IDN Media Louis Larry pun mengungkapkan bahwa IDN Media berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengadopsi teknologi terbaru demi pengembangan IDN Live. Berkat teknologi teranyar yang dimanfaat dalam pengembangan IDN Live, performa live streaming di IDN Live pun meningkat sehingga dapat menyajikan pengalaman live streaming yang stabil dan secure bahkan selama lonjakan traffic di jam-jam tertentu. “Efektivitas sesi live streaming ini pun terbukti saat IDN Live mengadakan sesi live streaming #TimPakeSendok vs #TimPakeTangan Challenge. Sesi ini berlangsung dengan lancar. selama satu setengah jam dan berhasil mengumpulkan 50.000 viewers,” ungkap Louis.


Dengan memanfaatkan teknologi, IDN Media berkomitmen menjadi perusahaan media digital terkemuka di Asia Tenggara dan terus mengembangkan platform live streaming IDN Live. Dengan memanfaatkan teknologi, IDN Media dapat berinovasi dengan cepat, memastikan skalabilitas, dan memberikan produk yang lebih baik kepada para audiens. Di masa mendatang, IDN Media berencana untuk terus mengeksplorasi cara-cara baru dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis sekaligus dan memberikan layanan yang lebih baik lagi bagi audiens.

bottom of page