top of page

Tips untuk Mengelola Keuangan Dengan Cara Sederhana

19 Apr 24 | 17:57

Ferina Giovanca Hotnauli

undefined

Tips untuk Mengelola Keuangan Dengan Cara Sederhana

Di era modern ini, mengelola keuangan menjadi semakin penting. Dengan biaya hidup yang semakin tinggi, penting sekali bagi generasi Millennial dan Z untuk memiliki pengetahuan dan strategi yang tepat untuk mengelola keuangan dengan baik. Memiliki kendali atas keuangan tentu tidak hanya memberikan ketenangan pikiran, namun juga membuka peluang untuk mencapai tujuan keuanganmu, baik itu membeli rumah, berlibur impian, atau pensiun dengan nyaman.  

 

Baru saja dinobatkan sebagai Timmy of the Month Maret 2024Rahmat Hidayat sebagai bagian dari tim Finance ingin berbagi tips dan trik penting untuk membantu para generasi muda dalam menguasai pengelolaan keuangan dan menjadi maestro keuanganmu sendiri.

 

Rahmat telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya. Ia selalu menjunjung tinggi nilai profesionalitas dan integritas, serta senantiasa berperan aktif dalam upaya kolaborasi bersama tim untuk menyelesaikan isu yang ada dan memastikan perusahaan mencapai goal. Semangat Rahmat selaras dengan Timmyness no. 9 (Doing the right thing even when no one is watching) dan Timmyness no. 10 (Seeing the company’s success as one own’s success). 

 

Nah, sebagai anggota tim Finance, Rahmat ingin membagikan tips dalam mengelola keuangan. Berikut ini tipsnya :

1. Tekat menjadi hal utama dalam mengelola keuangan

Rahmat menyampaikan bahwa tekat bagaikan bahan bakar yang menggerakkan mesin keuangan kita. Ia mendorong kita untuk disiplin dalam melacak pengeluaran, membuat anggaran yang realistis, dan mempelajari peluang investasi yang menguntungkan. “Menurut saya, hal yang paling utama dalam mengatur keuangan adalah niat dan tekat kita dalam mengatur dan menyisihkan pendapatan kita”, ujar Rahmat dalam Instagram Live TOTM edisi Maret 2024. Dengan memiliki tekat yang kuat akan membantu kita untuk tetap fokus pada tujuan keuangan meskipun dihadapkan dengan godaan sesaat.

 

2. Penting sekali membuat rencana keuangan 

Rahmat menyampaikan bahwa langkah pertama dalam menciptakan perencanaan keuangan yang baik adalah dengan memahami kondisi keuangan. Kamu dapat mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dan mengkategorikan berdasarkan kebutuhannya.

Langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang. Rahmat menyampaikan, “Memiliki tujuan keuangan yang jelas akan membantu kita fokus dan termotivasi untuk mencapai target keuangan kita, baik itu jangka panjang seperti untuk menikah, membeli rumah, keperluan hari tua, atau jangka pendek seperti liburan dan membeli barang impian.”. Dalam penjelasannya, Rahmat menambahkan, “Hindarilah pembelian impulsif dan fokuslah pada kebutuhan primermu. Mulailah bijak dalam memilih barang-barang yang kamu beli dan pastikan bahwa setiap pembelianmu sejalan dengan tujuan keuanganmu.” 

 

3. Lingkungan yang suportif dan mendukung dapat mempermudah pengelolaan keuanganmu

Tidak hanya menekankan pentingnya tekat dan strategi dalam mengelola keuangan, tetapi juga peran penting lingkungan yang suportif ikut mendukung tercapainya pengelolaan keuangan efektif. Menurutnya, bekerja di IDN Media, terutama di tim Finance, telah membantunya berkembang menjadi pribadi yang handal dalam mengelola keuangan. “Setiap hari selalu menyenangkan sama temen-temen, terutama dengan Tim Finance, sambil enjoy kita sambil dengerin musik sambil bercanda-bercanda sehingga tidak terlalu pusing. Suasana ini sangat mempengaruhi mood dan rasa nyaman saat bekerja”, jabar Rahmat dalam Instagram Live TOTM edisi Maret 2024. 

 

Semoga kita dapat mengimplementasikan dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan serta mencapai stabilitas keuangan yang diinginkan. Once again, thank you so much Rahmat telah berbagi!

bottom of page