Bukan Tanpa Aturan, Ini Makna Gaya Kerja Fleksibel di IDN Media

Amelia Rosary Dewi | 15 September 2020

Budaya perusahaan merupakan suatu bagian integral dari sebuah bisnis. Hal tersebut dapat memengaruhi hampir setiap aspek dalam perusahaan: mulai dari proses perekrutan hingga tingkat kenyamanan karyawan di kantor. Tanpa budaya perusahaan yang positif, karyawan tentu akan kesulitan menemukan makna dalam tiap hal yang mereka kerjakan sehari-hari. 

Untuk menciptakan budaya perusahaan yang positif, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah fleksibilitas bekerja bagi seluruh karyawan. Menanggapi hal tersebut, Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo, berpendapat, “Fleksibilitas itu memang sangat diperlukan. Namun, bagaimanapun, bagi saya clear guidance itu harus tetap ada.”

Ibarat bermain bola, peraturan yang jelas harus tetap diciptakan. “Bagi saya pribadi, tanpa peraturan, a game won’t be a real game. Hal-hal yang bersifat pragmatis, seperti kapan mainnya, seragam seperti apa yang akan dikenakan, strategi mainnya bagaimana, nah, itulah yang fleksibel. Kita serahkan pada Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media),” ujar Winston memberi analogi.

“Sama halnya dengan bekerja, di IDN Media, misalnya, kita memiliki Standard Operating Procedure (SOP) dan Objective Key Result (OKR) yang bisa dijadikan petunjuk bagi Timmy dalam melaksanakan kewajiban dan menerima haknya. Dalam implementasinya, mau sambil makan atau minum, itu sudah menjadi pilihan masing-masing Timmy,” ujarnya memberi kesimpulan.

Hal semacam ini, Winston menyebutkan, dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan dalam menerapkan budaya kerja yang positif. Selain menciptakan suasana yang less stressful, karyawan pun akan merasa dipercaya, lho.