top of page

Ingin Tulisanmu Dibaca Banyak Orang? Coba Tips SEO untuk Pemula Ini, Yuk!

22 Sep 20 | 16:00

Amelia Rosary

Nggak ribet dan bisa dilakukan oleh siapa saja!

Ingin Tulisanmu Dibaca Banyak Orang? Coba Tips SEO untuk Pemula Ini, Yuk!

Siapa yang tidak ingin karya tulisannya dibaca oleh banyak orang? Setelah proses pencarian ide serta penulisan, tantangan lainnya yang dihadapi penulis adalah membuat karyanya dibaca banyak orang, khususnya untuk mereka yang menulis di platform digital. Pada event Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 yang diselenggarakan IDN Times, penyelenggara secara khusus mengadakan sesi yang membahas teknik mengoptimalkan performa artikel menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO).


Septi Riyani Maulida selaku SEO Specialist IDN Times membagikan insight mengenai pentingnya SEO bagi sebuah website. Tidak hanya itu, ia juga memberikan beberapa tips menulis yang sekaligus dapat mengoptimalkan traffic pembaca pada waktu bersamaan. Yuk, cek ringkasannya di bawah ini. Semoga dapat membantu, ya!


1. Mengenal apa itu SEO Specialist

Sebelum membagikan beberapa insight mengenai SEO, Septi terlebih dahulu memperkenalkan pekerjaannya. “Sebagai SEO Specialist, bisa dibilang saya harus standby selama 24 jam. Kami selalu dituntut untuk update berita viral dan/atau berita yang berpotensi viral,” jelasnya membuka sesi kedua Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 pada Senin, 21 September 2020.


Lebih lanjut lagi, ia menyatakan bahwa pekerjaan dari SEO Specialist tak hanya terbatas pada itu saja, namun juga meliputi riset. Septi menjelaskan, “Kami juga harus terus menganalisa kecenderungan perilaku kompetitor. Hal ini dilakukan untuk mengoreksi kekurangan dan kelebihan IDN Times. Riset organic keyword juga penting, lho! Di sini, kami berupaya agar artikel dapat muncul di laman awal search engine.”


2. Mengapa kita memerlukan SEO?

Sudah berkecimpung di dunia SEO Specialist sejak kuliah, Septi menjelaskan bahwa SEO merupakan suatu upaya yang dilaksanakan untuk mengoptimalkan sebuah website sehingga artikel yang diterbitkan dapat muncul pada peringkat pertama Google search engine.


“SEO itu penting banget, lho! Bagaimana tidak? SEO sendiri merupakan mesin penghasil traffic yang organic, evergreen, dan long term. Jadi artikel kita akan selalu ada, terutama ketika kita bisa menemukan keywords yang pas,” ujar perempuan yang bergabung bersama IDN Media sejak 2019 tersebut.


Septi juga menjelaskan bahwa cakupan SEO pun terbilang luas; pengaplikasiannya tidak hanya terbatas pada media saja, namun juga pada brand, e-commerce, bisnis, dan website. “Dengan menerapkan SEO pada penulisan artikel kita, traffic pun akan kita peroleh, sehingga brand awareness pun ikut meningkat. Hal ini secara langsung dapat memengaruhi angka penjualan yang juga turut bertambah,” timpalnya.


3. Tips menerapkan SEO pada artikel

Setelah memperkenalkan manfaat dari SEO, Septi kemudian menjelaskan bagaimana cara menerapkan SEO saat menulis artikel. Setidaknya, ada 4 hal yang perlu kita pahami dan terapkan. “Pertama, ketika membuat artikel, seorang penulis harus memperhatikan tata bahasa dan kesinambungan antar kalimat,” tegasnya.


Ia melanjutkan, “Poin pertama tadi berkaitan dengan poin selanjutnya: penulis pun wajib posisikan diri mereka sebagai pembaca. Kita harus mampu mengestimasi, apakah tulisan kita mudah dipahami oleh para pembaca. Selanjutnya, jangan pernah memilih-milih saat menulis artikel一entah itu hard news atau breaking news, kita coba saja semuanya. Terakhir, buat artikel dengan format listicle agar pembaca tidak bosan,” jelas Septi secara rinci.


Selain itu, ternyata kita juga perlu mengenali jenis artikel yang SEO friendly, lho! Septi menjelaskan bahwa struktur penulisan sebuah artikel harus sangat diperhatikan. Mulai dari jumlah kata, penempatan keyword, meta title dan description, alt text, serta keyword density. “Dengan demikian, artikel kita dapat terus muncul di search engine. Melalui penempatan keywords yang tepat, misalnya, artikel kita akan lebih dulu direkomendasikan setiap saat ada pencarian menggunakan keyword tersebut,” tutupnya.


Rangkaian acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 masih akan berlangsung hingga 26 September 2020. Masih ada banyak topik-topik menarik seputar dunia literasi yang akan dibahas dalam acara yang mengusung visi "empowering Indonesians through writing". Penonton dapat menyaksikan rangkaian acara Indonesia Writers Festival (IWF) 2020 secara gratis melalui platform YouTube dan Instagram IDN Times.

bottom of page