top of page

Gandeng PMI, IDN Media Melalui IDN Foundation Adakan Program Donor Darah untuk Bantu Penuhi Pasokan Darah

Felicia Yulianti

5 May 23 | 17:49

Heading 2

IDN Media Jogja 1_edited.jpg

Ketersediaan kantong darah sangat diperlukan, terutama untuk orang-orang yang sedang sakit dan membutuhkan transfusi darah. Namun, saat ini Indonesia masih kekurangan stok darah. 

Menurut World Health Organization (WHO), kebutuhan darah di Indonesia minimal sejuta 5,1 juta kantong darah per tahun. Sementara itu, hanya sebanyak 4,1 juta kantong kantor yang berhasil diperoleh dari 3,4 juta donasi. Banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya pemenuhan kantong darah, salah satunya penurunan jumlah pendonor darah pada masa pandemi Covid-19 akibat ketakutan pendonor akan terpapar virus pada saat proses donor darah berlangsung.


Mengingat pentingnya memenuhi pasokan kantong darah di Indonesia, pada 5 Mei 2023, IDN Media melalui IDN Foundation mengadakan kegiatan sosial donor darah. Kegiatan sosial ini dilaksanakan di IDN Media HQ, Lantai 16, Menara Global. Para Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media), karyawan lainnya di Menara Global, dan komunitas pembaca IDN Media ikut mendaftar dan berpartisipasi dalam acara ini. IDN Media bekerja sama langsung dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam penyelenggaraan acara ini sebagai wujud perhatian IDN Media dalam menjaga supply donor darah untuk masyarakat Indonesia.


IDN Foundation merupakan bagian dari ekosistem IDN Media yang berfokus mengadakan program-program sosial dan kemanusiaan untuk turut berkontribusi membantu masyarakat Indonesia. Ada beberapa program yang telah diinisiasi IDN Foundation, mulai dari Belajar Bareng Timmy yang mengajak sejumlah Timmy untuk berkontribusi terhadap pendidikan anak melalui sharing session, program donasi buku ke sejumlah Saung Baca IDN Foundation, dan program donasi bertajuk #1Resep1NasiBungkus di bulan Ramadan tahun ini yang membagikan nasi bungkus ke para pekerja informal di daerah Taman Palem, Jakarta Barat. Program-program yang diadakan IDN Foundation merupakan program nirlaba yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. 


Head of Communications IDN Media, Kania Aisha Pasaman mengungkapkan acara donor darah sebagai salah satu wujud nyata dukungan IDN Media terhadap kegiatan-kegiatan pemerintah, termasuk dalam pemenuhan stok darah. “Acara donor darah ini merupakan program yang pertama kali diadakan IDN Media dan diharapkan dapat dilakukan di tahun-tahun berikutnya. Sebagai perusahaan yang beroperasi di Indonesia, IDN Media berkomitmen memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, termasuk dalam hal kemanusiaan seperti pemenuhan kantong darah. Diharapkan, program ini dapat rutin dilakukan dan menginspirasi lebih banyak pihak untuk melakukan hal serupa.”
 

bottom of page