top of page

Bukan Hanya untuk Tambah Like dan Follower, Strategi Engagement Harus Beri Manfaat bagi Audiens

16 Apr 21 | 16:00

Amelia Rosary

Ini dia empat cara tingkatkan engagement versi Popmama.com!

Bukan Hanya untuk Tambah Like dan Follower, Strategi Engagement Harus Beri Manfaat bagi Audiens

Media sosial telah banyak menarik perhatian para marketer di seluruh dunia. Seiring dengan semakin berkembangnya tren marketing ini, cara untuk meningkatkan engagement dengan audiens di media sosial juga semakin beragam. Sejatinya, engagement tak melulu tentang popularitas, namun juga tentang terjalinnya relasi yang berkelanjutan antara brand dengan audiens. Dengan demikian, mutualisme di antara keduanya pun dapat terbangun dengan apik. 


Popmama.com sebagai media parenting digital tentu juga melihat pentingnya membangun engagement dengan para pembacanya. Pada kesempatan kali ini, Popmama.com pun membagikan tips menaikkan engagement yang dapat dicoba oleh publishers online secara umum. Berikut empat cara meningkatkan engagement di media sosial dari sudut pandang Popmama.com. Hmm, apa saja, ya?


1. Melibatkan audiens dengan mendengar cerita mereka

Untuk meningkatkan engagement di media sosial, brand harus secara proaktif mengundang keterlibatan audiens melalui sebuah konten yang dapat menstimulasi interaksi. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan opininya tentang apapun yang sedang brand bangun: let them be heard. Popmama.com, misalnya, melakukan hal tersebut dengan memanfaatkan beragam fitur di Instagram Story, seperti polling sticker, quiz sticker, question sticker, dan yang lain. 


Contohnya, saat hendak membahas Diet Astronot sambil tetap membangun interaksi dengan para audiensnya, Popmama.com memulainya dengan mengajukan pertanyaan: "Pernahkah Mama diet?" dan "Tahukah Mama apa itu Diet Astronot?" melalui polling sticker. Setelah itu, melalui question sticker, Popmama.com ingin mengetahui sejauh mana pemahaman audiens tentang Diet Astronot, sebelum akhirnya melanjutkannya dengan penjelasan ringkas dan menarik mengenai Diet Astronot. Tak hanya untuk membangun komunikasi dua arah dengan audiens, hal ini juga dilakukan untuk memperoleh masukan dari audiens.


2. Mengadakan kelas online sesuai dengan minat audiens

Datangnya pandemik menuntut bisnis untuk melakukan segala sesuatunya secara online. Sebagai media online, situasi ini semakin mendorong Popmama.com untuk menghadirkan acara online dengan topik-topik yang sangat menarik. "Melakukan perhitungan bersama tim SEO, Popmama.com mencoba mencari tahu habit audiens di suatu periode tertentu, seperti topik apa yang sedang banyak dibicarakan oleh mereka," ungkap Denisa Permataningtyas, Community Editor Popmama.com.


Pandemik, misalnya, membuat Mama semakin siaga untuk menjaga kesehatan keluarga. Menanggapi isu ini, Popmama.com sempat menerbitkan artikel tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan makanan. Karena artikelnya ramai, Popmama.com mengadakan kelas memasak online bertemakan Sajian Masakan Nusantara yang dihadiri oleh Chef Arnold. Dengan demikian, tak hanya memperoleh tingkat engagement yang baik dengan audiens, Mama juga dapat semakin menjamin kebersihan dan kesehatan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga. 


3. Buat giveaway yang insightful

Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat engagement adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway bisa dilakukan melalui kompetisi atau undian. Giveaway kompetisi biasanya bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat akan suatu produk. Contohnya, produk kosmetik lokal mengadakan sebuah kompetisi dan meminta partisipan untuk membuat konten di Instagram mereka dengan mengunggah riasan wajah mereka menggunakan produk kosmetik lokal tersebut.


Di sisi lain, giveaway undian merupakan giveaway yang jauh lebih mudah untuk dilakukan. Giveaway ini sangat cocok untuk meningkatkan jumlah follower, like, dan komentar karena partisipan biasanya akan diminta untuk tag beberapa teman mereka, memberi like, sekaligus follow Instagram dari brand tersebut. Namun, Denisa mengungkapkan, “Harus diingat, bukan hanya follower dan like yang kita cari. Sebagai brand, kita juga perlu beri #PositiveImpact. Artinya, apa yang kita adakan itu harus berfaedah, berguna bagi audiens kita.”


Melakukan hal yang sama, Popmama.com juga sempat mengadakan giveaway bertajuk Me Time Mama. Popmama.com paham bawha setelah menjadi Mama, waktu untuk me time tentu jadi banyak berkurang. Padahal, me time itu sangat penting dilakukan supaya Mama tidak gampang terpancing emosi dan mudah stres dalam menjalani rutinitas rumah tangga. Untuk mengingatkan para Mama akan pentingnya me time, Popmama Community mengadakan challenge berhadiah.


4. Ikuti tren yang ada

Tingkat engagement juga ditentukan oleh medium apa yang digunakan oleh brand. Apabila sudah memahami hal ini, brand juga harus mengikuti tren yang ada. Tak bisa dipungkiri, TikTok kini sudah menjadi sebuah platform dengan tingkat engagement yang fantastis. Oleh karenanya, Popmama.com juga tak ingin ketinggalan. "Harus post secara reguler dan lihat dulu trennya apa—kalau yang ada berkaitan dengan Popmama.com, ya, bisa tentang relationship, nama bayi. Semakin tren, semakin oke juga angka view-nya. Jangan lupa pakai hashtag yang sekiranya bisa menambah view, seperti #FYP dan yang lain," pesan Novy Agrina, Editor Popmama.com.


Nah, itu tadi adalah empat tips dari Popmama.com untuk menambah engagement dengan audiens. Relasi yang terjalin baik ini juga akan membantu brand untuk mendapat feedback dari audiens: apa yang menjadi dari keunggulan brand, sampai apa yang masih perlu diimprovisasi. Tak hanya itu, memiliki komunitas juga memungkinkan para audiens Popmama.com dan tim Popmama.com untuk menjalin komunikasi yang erat.


bottom of page