top of page

Sajikan Konten yang Kian Beragam, IDN App Hadirkan Fitur IDN Live

10 Dec 21 | 12:05

Amelia Rosary

Wujudkan misi menjadi one-stop content platform

Sajikan Konten yang Kian Beragam, IDN App Hadirkan Fitur IDN Live

Seiring berkembangnya teknologi digital, ragam konten yang dinikmati masyarakat juga semakin berkembang. Tak lagi sebatas teks, foto, atau video, kini konten berupa live streaming juga semakin populer. Perkembangan dan keunikan pengalaman bagi pengguna yang dihadirkan konten live streaming juga tak luput dari perhatian IDN Media. IDN App, one-stop content platform yang ada di bawah naungan IDN Media, pun menghadirkan fitur live streaming yang disebut IDN Live. Fitur ini semakin melengkapi IDN App yang sebelumnya juga sudah menghadirkan kumpulan berita dari seluruh media IDN Media, seperti IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, dan Duniaku.com. 


Lalu, apa sih yang spesial dari konten live streaming? Kali ini, Garlanda Bellamy Mazalio, Product Manager IDN Media, akan membagikan pandangannya mengenai nilai unik konten live streaming serta hal yang perlu diperhatikan jika ingin mengembangkan konten atau fitur ini. Buat kamu yang secara khusus tertarik untuk bekerja di dunia teknologi digital, artikel ini wajib kamu baca, ya.


1. Inovasi pada distribusi konten

Perkembangan fitur yang terjadi di dunia digital merupakan inovasi yang diciptakan untuk menjawab evolusi yang terjadi di dunia virtual. Fitur live video streaming merupakan inovasi pada pendistribusian konten yang mengutamakan unsur kecepatan penyampaian informasi dan waktu yang riil. Garlanda mengungkapkan, “Live streaming berfokus pada nilai-nilai interaktivitas, partisipasi, dan jejaring sosial, yang juga menjadi bentuk dari konvergensi media karena telah menggabungkan karakteristik siaran langsung dan media sosial yang pada dasarnya menggunakan teknologi internet.”


2. Minim proses editing pada konten 

Kehadiran fitur live streaming di media sosial telah membawa perubahan pada perilaku pengguna. Hal tersebut dapat dilihat dari interaksi antar pengguna yang dapat dilakukan secara langsung melalui fitur tersebut. Trust pun akan terbentuk dengan hadirnya live streaming. “Ini mempengaruhi produksi dan distribusi konten. Biasanya, kalau post yang berbentuk foto atau video itu, ‘kan, ada proses editing-nya, sedangkan live streaming ini lebih ke bentuk konstruksi realitas di media sosial,” sebut Garlanda.


Proses produksi dan distribusi konten melalui fitur live streaming tidak memungkinkan adanya proses editing konten. “Oleh karenanya, live streaming harus tampil dengan kualitas suara dan video yang jernih. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, live streaming berfokus pada nilai-nilai interaktivitas, partisipasi, dan jejaring sosial. Audiens dan streamer bisa saling kirim pesan di kolom live chat. Audiens dapat mengikuti streamer dengan klik fitur following dan audiens pun dapat share ruangan live streaming tersebut ke berbagai media sosial,” Garlanda menjelaskan.


3. Perhatikan audio visual dan fitur pendukung lain

Siaran langsung yang dilakukan tidak hanya sebatas saling berbalas pesan via live chat, tapi pengguna pun dapat menyaksikan tayangan tersebut, sambil memberikan virtual gift yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang. Garlanda menyatakan, “Hal ini jugalah yang sedang dipelajari oleh IDN Media. Virtual gift yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang ini memang menjadi bentuk dukungan dari audiens ke streamer. Harus ada empati dan concern kita di sini.”


Saat ini, pengembangan fitur live streaming di IDN App menjadi salah satu fokus yang tengah diprioritaskan oleh IDN Media. Untuk itu, setiap detail yang dapat mengoptimalkan kehadiran fitur live streaming dan kenyamanan pengguna di IDN App ini digarap dengan penuh pertimbangan dan perhitungan. “Nah, selain memperhatikan unsur audio dan visualnya, yang terbaru, live streaming di IDN App kini juga bisa multitasking. Artinya, dengan fitur minimize screen IDN Live, pengguna sekarang bisa nonton live streaming sambil baca berita atau main quiz di aplikasi IDN App. Mau buka media sosial sambil nonton live stream dengan lancar? Juga bisa,” ujar Garlanda.


Yuk, segera download atau update aplikasi IDN App versi terbaru. IDN App dapat diakses melalui Android dan iOS. Apabila ada keluhan terkait IDN App, boleh langsung tinggalkan komentar kalian di application review kalian, ya


bottom of page