top of page

Kunci Kesuksesan di Tempat Kerja: Pentingnya Bersikap Positif dalam Bekerja

28 Jun 23 | 10:33

Felicia Yulianti

undefined

Kunci Kesuksesan di Tempat Kerja: Pentingnya Bersikap Positif dalam Bekerja

Bersikap positif dalam bekerja sangatlah penting karena dapat memberikan dampak yang positif dalam produktivitas, keberhasilan, dan kepuasan kerja. Ketika seseorang memiliki sikap positif, mereka cenderung lebih termotivasi, bersemangat, dan berpikiran terbuka untuk menghadapi tantangan dan kesulitan yang muncul dalam pekerjaan sehari-hari. 


Pentingnya bersikap positif dalam bekerja akan dibahas bersama salah satu penerima penghargaan Timmy of the Month Mei 2023 yaitu Administration Associate di tim IDN Times Intan Laras Savitri Maliza. Perempuan yang akrab disapa Intan ini memperoleh penghargaan Timmy of the Month karena secara konsisten menyebarkan semangat positif dalam bekerja serta bersikap passionate saat membantu Timmy lain untuk mencapai kesuksesan bersama. Etos kerja Intan selaras dengan Timmyness No. 6 (Maintaining a positive attitude even when thing's do not go one's way) dan Timmyness No. 7 (Assisting others in the group with their work for the benefit of the group)


1.Pengalaman kerja yang beragam sebelum bekerja di IDN Media


Melalui wawancara eksklusif dengan IDN Media, Intan menceritakan perjalanan kariernya hingga berkarya di IDN Media sebagai Administration Associate, mulai dari bekerja di universitas almamaternya yaitu Universitas Gadjah Mada, sempat bekerja di bidang digital marketing, hingga pulang kembali ke tanah kelahirannya di Surabaya yang mana pada saat yang bersamaan, IDN Media tengah membuka lowongan kerja. Melihat kesempatan tersebut, ia memutuskan untuk melamar dan akhirnya berhasil menjadi bagian dari IDN Media. “Prosesnya terasa begitu lancar dan alamiah. Mungkin hal ini sudah menjadi bagian dari takdir yang telah dipilih untuk saya,” ungkap Intan.


2.Menangani dan mengorganisir aset-aset komunitas IDN Times


Telah bergabung di IDN Times selama 4 tahun, sehari-harinya Intan melakukan berbagai rutinitas mengurus administrasi khususnya di IDN Times Community. Lingkup pekerjaannya termasuk mengorganisir aset-aset IDN Times Community, misalnya membantu membuat dan menjadwalkan konten untuk dipublikasikan di platform media sosial IDN Times Community. Selain itu, ia juga berkesempatan menangani channel-channel komunikasi yang dimiliki oleh IDN Times Community, termasuk aktif membalas pesan-pesan yang masuk di media sosial IDN Times Community.


3.Cara bersikap positif di tengah tantangan yang ada


Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan tersendiri, begitupun yang dialami oleh Intan selama menjalankan job description-nya. Salah satu tantangan yang dihadapinya yaitu perubahan mood pada anggota tim yang dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas kerja Timmy, sebutan untuk karyawan IDN Media. Di tengah tantangan tersebut, Intan berusaha mempertahankan sikap positif dalam bekerja. Ia pun membagikan tipsnya. “Kita mesti memahami bahwa karakter tiap orang berbeda-beda dan sabar menghadapi perbedaan karakter tersebut. Namun, saya bersyukur IDN Media merupakan perusahaan yang memiliki lingkungan dan budaya kerja yang positif dan kolaboratif. Sehingga, Timmy pun dapat dengan cepat menemukan serta memecahkan tantangan kerja dengan sikap yang positif,” jelas Intan.


Konsistensi Intan dalam menyebarkan vibe positif dalam bekerja pun membuat pekerjaannya tereksekusi dengan lancar dan menularkan semangat kepada Timmy lainnya. Berkat semangat positifnya pula, ia mendapatkan penghargaan Timmy of the Month sebanyak dua kali. “Jujur tidak menyangka. Tidak hanya aku, karyawan lain pun pasti telah memberikan kontribusi terbaiknya. Tentu penghargaan ini memotivasi aku untuk terus bekerja dengan baik,” ungkap Intan.


Selamat telah memperoleh penghargaan Timmy of the Month, Intan!

bottom of page