top of page

Tips Menulis Konten Berkualitas dan SEO-Friendly untuk Jurnalis Milenial dan Gen Z lewat IDN Goes to Campus UPN Veteran Yogyakarta

20 Jun 24 | 19:39

Ferina Giovanca Hotnauli

undefined

Tips Menulis Konten Berkualitas dan SEO-Friendly untuk Jurnalis Milenial dan Gen Z lewat IDN Goes to Campus UPN Veteran Yogyakarta

Menurut Indonesia Gen Z Report 2024, XX% Gen Z di Indonesia menggunakan media sosial sebagai sumber informasi utama mereka. Hal ini menunjukkan bahwa konten yang menarik dan informatif menjadi sangat penting untuk menarik perhatian audiens online saat ini.

Memahami kebutuhan tersebut, IDN Goes to Campus hadir di Universitas Veteran Nasional Yogyakarta (UPN Veteran Yogyakarta) untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar dunia menulis di era digital. Acara ini menghadirkan Paulus Risang, Editor IDN Times, dan Nadia Agatha Pramesthi, SEO Editor IDN Media, sebagai pembicara utama. 

 

1. Menarik Perhatian Pembaca dengan Konten Berkualitas dan Relevan

Kunci utama untuk menarik perhatian pembaca adalah menghadirkan konten yang berkualitas dan relevan dengan minat mereka. Sebagai jurnalis, pemahaman mendalam terkait ketertarikan para pembaca sangat diperlukan. Biasanya, seorang jurnalis akan membangun perhatian pembaca melalui tulisan yang dipublikasikan.

Konten yang informatif, menarik, dan mudah dipahami akan mendorong pembaca untuk terus membaca dan bahkan membagikannya kepada orang lain. “Konten yang menarik dan informatif sangat penting untuk menarik perhatian audiens online. Sebagai jurnalis, kita harus bisa memahami minat dan kebutuhan target pembaca untuk menghasilkan konten yang sesuai. Namun, kita juga tidak boleh melupakan kaidah jurnalistik dan harus tetap menyajikan konten yang dapat dipercaya oleh para pembaca,” ujar Paulus.

 

2. Memahami SEO untuk Meningkatkan Visibilitas Konten

Di dunia digital dengan penuh informasi, memastikan konten mudah ditemukan sangatlah penting. Search Engine Optimization (SEO) menjawab tantangan ini dengan mengoptimalkan konten untuk mesin pencari, sehingga mendorongnya muncul di hasil pencarian yang relevan. 

Dengan memanfaatkan kata kunci secara efektif, SEO sangat membantu pembaca menemukan informasi yang mereka cari sekaligus memperkuat keberadaan online dan menarik audiens yang lebih luas.

“Dalam menyajikan informasi yang relevan, dibutuhkan kerja sama antara tim editorial dan juga tim SEO. Selain memastikan konten yang disajikan dapat beresonansi dengan baik kepada para pembaca Millennial dan Gen Z, kita juga tetap menjunjung etika jurnalisme yang baik dan benar,” terang Nadia.

 

3. Membangun Ekosistem Kreatif untuk Generasi Muda Melalui IDN

Lebih dari sekadar platform, IDN membangun ekosistem yang mendukung para pembuat konten untuk saling belajar, berkolaborasi, dan mengembangkan diri. Melalui IDN, generasi muda dapat menemukan peluang baru untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mewujudkan mimpi mereka di dunia digital, salah satunya melalui IDN Times Community Writer.

Dengan memahami kebutuhan dan minat audiens muda, IDN Times memfasilitasi pembuatan konten yang relevan, informatif, dan menarik bagi target audience melalui IDN Times Community Writer. Beragam pelatihan, workshop, dan kegiatan komunitas yang disediakan IDN Times membantu para penulis muda untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berbagai aspek.

 

Para mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta yang mengikuti acara ini mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari pengalaman dan praktik para pembicara. Mereka memperoleh wawasan mendalam tentang pembuatan konten yang berkualitas dan relevan bagi pembaca. Acara IDN Goes to Campus di UPN Veteran Yogyakarta ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa menghasilkan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh, para mahasiswa dapat menjadi penulis dan kreator yang sukses di era digital.

bottom of page