top of page

Menyambut Ramadan, IDN Media Ajak Brand dan Content Creator Berkolaborasi Hadirkan Strategi Pemasaran Terbaik

Felicia Yulianti

9 Feb 23 | 14:55

Heading 2

IDN Media Jogja 1_edited.jpg

Ramadan merupakan momen tahunan yang penting bagi masyarakat Indonesia dan turut mempengaruhi keseharian mereka. Tidak hanya kegiatan keagamaan, aktivitas online hingga pola konsumsi masyarakat pun turut berubah. Terlebih, setelah 3 tahun ini Indonesia memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), umat muslim di Indonesia dapat kembali merayakan momen bulan suci di tahun ini tanpa pembatasan sosial. Sementara itu, perubahan perilaku masyarakat di bulan Ramadan juga dapat menjadi peluang bagi brand dan advertiser. Dengan aktivasi offline maupun online yang efektif dan optimal, mereka dapat meningkatkan brand awareness maupun sales conversion di momen ini.


Sebagai perusahaan platform media yang secara spesifik membidik audiens dari kalangan Millennial dan Gen Z di Indonesia, IDN Media siap menyambut bulan suci Ramadan dengan menghadirkan berbagai konten dan program yang relevan untuk mereka. Dengan banyaknya unit bisnis yang ada di ekosistem IDN Media, IDN Media siap membantu brand mengeksekusi kampanye pemasaran yang akan membantu mereka memanfaatkan peluang tanpa batas selama Ramadan tahun ini. 


Pada tanggal 8 Februari 2023, IDN Media kembali menyelenggarakan acara "Winning Ramadan" di The Langham, Jakarta. "Winning Ramadan" merupakan acara yang mempertemukan audiens, content creator dan juga brand di satu tempat untuk berinteraksi dan berkolaborasi bersama. Dipandu oleh Reza Chandika dan Cindy Lauw, brand partner mendapatkan sejumlah data, hasil riset, serta insight seputar pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadan yang dirangkum dari berbagai unit bisnis di IDN Media. CEO IDN Media Winston, Head of Business Development IDN Media Sylvia Alexandra Sudrajat, dan Vice President ICE Hana Novitriani pun hadir secara langsung untuk memaparkannya pada +250 brand partner yang hadir.


Selain itu, content creator Bangpen, Irish Bella, dan Fiki Naki juga membagikan pengalaman menjalankan campaign di momen Ramadan yang efektif dengan dukungan dari ICE. ICE (Indonesia Creators Economy)i merupakan content creator agency di bawah naungan IDN Media yang menyediakan layanan end-to-end untuk creator marketing, seperti menyiapkan ide campaign, membantu brand memilihkan nama-nama content creator yang sejalan dengan nilai inti dari brand tersebut, mengeksekusi campaign, hingga memberikan laporan analisis mengenai campaign yang sudah berjalan dan rekomendasi untuk campaign selanjutnya agar brand dapat melihat sejauh mana dampak yang dihasilkan content creator tersebut terhadap tujuan yang ingin brand capai.


Kemudian, terdapat testimoni dari beberapa perusahaan yang telah berkolaborasi dengan IDN Media di Ramadan tahun lalu. CMO Lazada Intan Ayu Kartika memberikan insight mengenai strategi yang dilakukan perusahaan e-commerce itu saat pandemi dengan berkolaborasi bersama Popmama.com melalui campaign Ramadan Gaya Mama. Lalu hadir pula Vice President Integrated Brand Communication SMARTFREN Iqbal Asseweth dan Marketing Manager Fonterra Indonesia Riszha Gandjar bersama moderator Head of Business Development IDN Media Sylvia Alexandra Sudrajat mengenai Ramadan sebagai momen kebersamaan dan bagaimana mereka berkolaborasi dengan Yummy untuk memaksimalkan objective brand mereka. 


Melalui acara "Winning Ramadan", IDN Media pun mengajak brand dan advertiser untuk bertukar pikiran mengenai cara memaksimalkan potensi bulan Ramadan dan berkolaborasi untuk menjangkau audiens yang tepat. Acara "Winning Ramadan" ditutup dengan sesi networking untuk para perwakilan dan brand yang hadir di acara ini. 


CEO IDN Media Winston Utomo - "Sebagai one stop media platform bagi generasi Millennial dan Gen Z di Indonesia dan didukung ekosistem bisnis yang lengkap, IDN Media siap untuk berkolaborasi dan membantu menjalankan strategy marketing terbaik bagi brand partner di momen yang penting ini."


Content Creator, Irish Bella - Campaign yang sukses adalah campaign yang tak hanya berisikan konten-konten yang viral dan menghibur, tetapi juga relevan dengan audiens sehingga dapat memberikan dampak positif untuk audiens dan mencapai tujuan brand, baik itu berupa brand awareness ataupun meningkatkan penjualan. Dalam membuat campaigncontent creator memahami secara spesifik perilaku audiens mereka seperti apa. Saya senang bekerja sama dengan ICE karena ICE memberikan kebebasan kepada content creator untuk menjalankan campaign sesuai dengan key message yang diberikan. Sehingga, campaign dapat dijalankan secara optimal, kebutuhan brand terpenuhi, dan content creator pun puas dengan hasil akhir konten yang mereka buat.”

bottom of page